Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengetahuan dan Motivasi dgn Perilaku Kepala Keluarga dlm Pemberantasan Sarang Nyamuk

Judul Skripsi : Hubungan Pengetahuan dan Motivasi dengan Perilaku Kepala Keluarga dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue di Wilayah Kerja Puskesmas Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegara

A. Latar Belakang Masalah

Walaupun 3M plus merupakan cara yang mudah dan bisa dilakukan dengan biaya yang sedikit pada kenyataannya cara ini tidak terlaksana dengan baik. Ini sangat erat dengan kebiasaan hidup bersih dan pemahaman serta perlakuan masyarakat terhadap bahayanya demam berdarah Dengue ini (Kartika Handayani , 2007).

Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti tertarik untuk meneliti dan mengambil judul penelitian “ Hubungan pengetahuan dan motivasi dengan perilaku kepala keluarga dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue di Wilayah kerja Puskesmas Loa Ipuh Kabupaten kutai kartanegara”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan antara Pengetahuan dengan perilaku Kepala keluarga dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue di Wilayah Kerja Puskesmas Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegara?
  2. Apakah ada hubungan antara Motivasi dengan Perilaku Kepala keluarga dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue di Wilayah Kerja Puskesmas Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegara?
  3. Apakah Pengetahuan dan Motivasi secara bersama mempunyai hubungan dengan Perilaku Kepala keluarga dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue di Wilayah Kerja Puskesmas Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegara?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan motivasi dengan perilaku kepala keluarga dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah di wilayah kerja puskesmas Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegara

 

Tujuan Khusus

  1. Mengetahui hubungan antara Pengetahuan dengan Perilaku Kepala keluarga dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah di Wilayah Kerja Puskesmas Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegara.
  2. Mengetahui hubungan antara Motivasi dengan perilaku Kepala keluarga dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah Di Wilayah Kerja Puskesmas Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

D. Kesimpulan Skripsi

1. Pengetahuan mempunyai hubungan yang signifikan terhadap perilaku kepala keluarga dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue di Wilayah Kerja Puskesmas Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegara, hal ini terbukti dengan uji statistik t hitung sebesar 5,282 > t tabel dengan p = 0,000 < nilai = 0,05.

2. Motivasi mempunyai hubungan yang signifikan terhadap perilaku kepala keluarga dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue di Wilayah Kerja Puskesmas Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegara, hal ini terbukti dengan uji statistik t hitung sebesar 3,792 > t tabel dengan p = 0,000 < nilai = 0,05.

3. Secara simultan pengetahuan dan motivasi berpengaruh terhadap perilaku kepala keluarga dalam pemberantasan sarang nyamuk demam berdarah dengue di Wilayah Kerja Puskesmas Loa Ipuh Kabupaten Kutai Kartanegara, hal ini terbukti dengan uji statistik F hitung sebesar 25,141 > F tabel dengan p = 0,000 < nilai= 0,05.