Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran –  Pada mulanya terdapat kesenjangan antara produksi yang menghasilkan barang dan jasa dengan konsumen yang membutuhkan barang dan jasa tersebut. Perbedaan ini bisa timbul karena adanya perbedaan waktu, tempat, persepsi dan jumlah sehingga dibutuhkan sistem penyampaian kepada konsumen, bagaimana mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Sehingga pemasaran merupakan salah satu kegiatan perekonomian yang menciptakan nilai ekonomi, artinya dalam pemasaran harus dapat menafsirkan kebutuhan konsumen dan mengkombinasikan dengan pasar dengan pasar. Sistem ini dikenal dengan istilah pemasaran.

Definisi pemasaran menurut Wiliam J. Stanton adalah sebagai berikut :
Suatu sistem keseluruhan dari kegiatan – kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. (Wiliam J.S, 1987 :4)

Sedangkan menurut Mc Carthy pengertian pemasaran adalah :
Pemasaran menunjukan suatu performance kegiatan bisnis yang menyangkut penyaluran barang dan atau jasa dari produsen ke konsumen dan mencapai tujuan prosedur. (Mc Carthy, 1986 : 13 )

Dari definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa suatu kegiatan pemasaran sudah dimulai sebelum barang tersebut diproduksi dan tidak berakhir saat barang tersebut berpindah tangan ke konsunen. Selanjutnya agar kegiatan pemasran berjalan lancar, dibutuhkan suatu kerangka yang mampu mengelolanya. Perangkat tersebut berupa manajemen pemasaran.

Pengertian Manajemen Pemasaran adalah : Analisa, perencanaan, penerapan dan pengendalian terhadap program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi. ( Philip K, 1998 : 20 )

Artinya dengan adanya manajemen pemasaran ini, diharapkan proses pertukaran antara produsen dan konsumen dapat berjalan lancar.
Dan saling menguntungkan seperti tersirat dalam pengertian manajemen pemasaran di atas.