Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengertian Kompetensi Pegawai Menurut Para Ahli

Kompetensi

Kompetensi

Kompetensi~ Dalam dunia karir atau pekerjaan tentu saja setiap perusahaan menuntut setiap karyawannya untuk memiliki kompetensi yang unggul dalam setiap bidang spesialisnya. Hal tersebut tentu saja menuntut kita untuk memiliki kompetensi yang unggul dalam setiap jenjang karir yang kita jalani.

Setiap perusahaan yang menginginkan setiap karyawan yang berkompeten akan megajukan berbagai upaya penyeleksian dengan standart yang tinggi. Akan tetapi kompetensi bukanlah hal yang baku yang dicari oleh setiap perusahaan.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang kompetensi, sebelumnya kita harus paham betul mengenai pengertian dari kompetensi sendiri. Oleh karenanya Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  akan membahasnya pada artikel kali ini.

Spencer berpendapat bahwa kompetensi merupakan suatu ciri khas yang dimiliki tiap individu untuk memenuhi kriteria suatu jabatan tertentu. Ia menambahkan bahwa kompetensi memiliki 5 tipe karakteristik antara lain meliputi:

  1. Motif
  2. Faktor bawaan
  3. Konsep diri
  4. Pengetahuan
  5. Keterampilan

Hal tersebut senada dengan apa yang telah diungkapkan oleh Ulrich. Ia berpendapat bahwa kompetensi merupakan segala aspek pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan yang ada dalam tiap kepribadian.

Dari kedua pernyataan di atas mengandung makna bahwa kompetensi merupakan suatu karakteristik yang telah dimiliki seseorang untuk menentukan kinerjanya sendiri.

Kompetensi juga dikatakan sebaai karakteristik dasar dari tiap indvidu yang digunakan untuk memprediksi suatu pekerjaan tertentu.

Akan tetapi dalam pembentukan komptensi tentu saja membutuhkan suatu komponen tersendiri seperti Motif. Dari motif seseorang akan memiliki kemauan yang keras yang telah dikehendaki oleh diri sendiri untuk menentukan, membimbing, serta memilih perilaku yang ada dalam tiap tujuan tertentu. Selain itu seseorang dituntut memiliki kemampuan yang dijadikan sebagai acuan untuk melakukan pekerjaan.

Demikian Artikel yang membahas mengenai Kompetensi, serta Komponen Kompetensi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Yang Terkait: