Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengertian Inovasi Organisasi

Inovasi Organisasi

Inovasi Organisasi

Inovasi Organisasi ~ Dalam setiap kegiatan dalam organisasi, orang akan merasa menikmati kegiatan tersebut, jika dalam pelaksanaan kegiatan tidak monoton.

Oleh sebab itu dalam organisasi sendiri membutuhkan sebuah terobosan baru. Terobosan baru dalam organisasi tersebut disebut dengan inovasi organisasi.

Sebelum kita bahas mengenai pengertian inovasi dalam organisasi, sebelumnya kita akan menjelaskan pengertian organisasi itu sendiri. Di bawah ini penjabaran dari Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis.

Organisasi menurut pendapat Rogers adalah suatu sistem yang stabil, yang merupakan perwujudan kerjasama antara individu-individu, untuk mencapai tujuan bersama, dengan mengadakan jenjang dan pembagian tugas tertentu.

Sedangkan pengertian inovasi itu sendiri adalah suatu ide, barang, kejadian, metode, yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invention maupun diskoveri.

Dengan melihat secara singkat apa pengertian organisasi dan pengertian inovasi, maka kita dapat memperoleh gambaran bahwa di dalam sebuah organisasi juga memungkinkan terjadinya sebuah inovasi.

Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa inovasi dalam organisasi adalah sesuatu hal yang baru yang berupa apapun yang terjadi di dalam sebuah organisasi baik formal maupun organisasi informal.

Inovasi yang terjadi dalam sebuah organisasi merupakan proses kemajuan organisasi tersebut, namun berbagai hambatan dan rintangan akan terjadi saat inovasi itu mulai memasuki organisasi. Dengan memahami proses inovasi dalam organisasi setidaknya akan dapat mengurangi kegoncangan organisasi dalam melaksanakan difusi inovasi.

Kepekaan sebuah organisasi terhadap munculnya inovasi dipengaruhi oleh beberapa variabel berikut ini  :

  1. Ukuran suatu organisasi. Makin besar ukuran suatu organisasi makin cepat menerima inovasi.
  2. Karakteristik struktur organisasi

Pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi memiliki peran yang sangat penting, karena dampak pemilihan keputusan tersebut akan mempengaruhi keberlangsungan organisasi tersebut. Pengambilan keputusan yang tepat akan berpengaruh positif bagi organisasi tersebut, sebaliknya, jika pengambilan keputusan salah, maka justru akan merugikan organisasi itu.

Proses inovasi adalah serangkaian  aktivitas yang dilakukan oleh individu atau organisasi, mulai sadar atau tahu adanya inovasi sampai menerapkan (implementasi) inovasi.  Kata proses mengandung arti bahwa aktivitas itu dilakukan dengan memakan waktu dan setiap saat tentu terjadi perubahan.

Berapa lama waktu yang dipergunakan selama proses itu berlangsung akan berbeda antara orang satu atau organisasi satu  dengan yang lain tergantung kepada  kepekan orang atau organisasi  terhadap inovasi. Demikian pula selama proses inovasi  itu berlangsung akan selalu terjadi perubahan yang berkesinambungan sampai proses itu dinyatakan berakhir.

Demikian artikel yang membahas mengenai Inovasi Organisasi, Faktor Munculnya Inovasi, Peran Penting Inovasi, Proses Inovasi. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan refrensi bagi anda.