Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengertian Disiplin Kerja di Dalam Organisasi

Pengertian disiplin sebagai suatu sikap yang mencerminkan ketaatan dan ketepatan terhadap suatu aturan”. (A. S. Moenir). Nitisemito berpendapat bahwa kedisiplinan lebih tepat diartikan sebagai suatu sikap, tingkah laku, dan perbuatan yang sesuai dengan peraturan dari organisasi baik tertulis maupun tidak.

Pada hakekatnya, disiplin adalah ketaatan, ketekunan, sikap hormat yang nampak sesuai dengan tata aturan yang telah disepakati antara badan-badan organisasi dan pegawai-pegawainya.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, ternyata ketaatan dan tunduk terhadap peraturan yang ada yang dilandasi dengan kesadaran dan rasa senang merupakan fenomena dalam rangka tertib organisasi. Di dalam organisasi, kondisi tertib dan teratur merupakan sebagian aspek penting yang berkontribusi dalam mencapai tujuannya. Untuk merealisasikan kondisi tertib dan teratur ini diperlukan pengatur akan mekanisme kerja yang diantaranya dalam bentuk peraturan kerja organisasi secara umum dan khusus, dan ditujukan kepada segenap unsur dalam organisasi. Visi dan peraturan kerja ini tidak lain adalah untuk keteraturan dalam kerangka teknis administratif serta organisasional. Untuk ini diperlukan ketaatan dan peran serta yang positif dari setiap pegawai sehingga prestasi kerja dapat terjaga. Upaya antisipasi terhadap hal ini dapat diimplementasikan dalam bentuk disiplin kerja.

Berikut ini akan disajikan beberapa pengertian disiplin. Steers memberikan pengertian sebagai berikut:

Disiplin adalah merupakan suatu keadaan tertib di mana orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi tunduk pada peraturan- peraturan yang telah ada dengan senang hati.

Pengertian di atas pada dasarnya menyatakan bahwa disiplin merupakan suatu sikap taat dan patuh serta tunduk pada aturan yang dilandasi oleh kesadaran dari diri pribadi tanpa ada paksaan dari luar. Sikap semacam ini tidak hanya dituntut dari pegawai sebagai individu, tetapi juga dari kelompok orang yang tergabung dalam organisasi tersebut, seperti yang dikemukakan oleh Mar’at bahwa:

Disiplin adalah sikap perseorangan dan juga kelompok yang menjamin adanya kepatuhan terhadap perintah-perintah dan berinisiatif untuk melakukan suatu tindakan yang perlu seandainya tidak ada perintah.

Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian disiplin kerja adalah sikap dan tingkah laku pegawai dalam melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaannya dengan selalu menaati peraturan organisasi dengan penuh kesadaran dan perasaan tenang hati dalam melaksanakannya.