Pengembangan Kurikulum Adaptif pada Mata Pelajaran Matematika di Program RSBI

Judul Skripsi : Analisis Pengembangan Kurikulum Adaptif pada Mata Pelajaran Matematika di Program RSBI SMP Negeri 2 Temanggung

 

A. Latar Belakang Masalah

SMP Negeri 2 Temanggung merupakan salah satu sekolah yang menerapkan program RSBI. SMP Negeri 2 Temanggung adalah salah satu sekolah favorit di Kabupaten Temanggung serta telah dianggap mampu untuk melaksanakan program RSBI, baik dari peserta didik, guru maupun dari sarana dan prasarana pendukung. Kurikulum RSMPBI (Rintisan Sekolah Menengah Pertama Bertaraf Internasional) Negeri 2 Temanggung adalah Kurikulum yang dikembangkan berdasarkan prinsip SNP + X. SNP adalah standar nasional pendidikan yang terkait dengan isi kurikulum, dan X adalah komponen isi yang diambil dari negara Australia, negara ini merupakan salah satu anggota yang maju dalam pendidikan (OECD) yang kemudian ditambahkan dan diadaptasikan ke dalam Kurikulum RSMPBI Negeri 2 Temanggung. Sampai saat ini belum diketahui bagaimana proses pengembangan kurikulum adaptif mata pelajaran matematika pada program RSBI tersebut.

Sebagai suatu hal yang baru, keberadaan rintisan sekolah bertaraf internasional tentunya menghadapi banyak kendala seperti kemampuan sekolah, guru, siswa maupun kurikulum dan masalah lain yang berhubungan dengan pelaksanaan kurikulum itu sendiri.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimanakah pemahaman guru-guru di SMP Negeri 2 Temanggung terhadap pengembangan kurikulum RSBI pada mata pelajaran matematika?
  2. Bagaimanakah proses penyusunan dan pengembangan kurikulum RSBI di SMP Negeri 2 Temanggung pada mata pelajaran matematika?
  3. Bagaimanakah ketercapaian pengembangan kurikulum matematika yang diadopsi dan diadaptasikan dengan kurikulum internasional pada mata pelajaran matematika?
  4. Bagaimana hambatan proses pengembangan kurikulum matematika yang diadopsi dan diadaptasikan dengan kurikulum internasional pada mata pelajaran matematika?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Pemahaman guru-guru di SMP Negeri 2 Temanggung terhadap pengembangan kurikulum RSBI pada mata pelajaran matematika.
  2. Proses penyusunan dan pengembangan kurikulum RSBI di SMP Negeri 2 Temanggung pada mata pelajaran matematika.
  3. Ketercapaian pengembangan kurikulum matematika yang diadopsi dan diadaptasikan dengan kurikulum internasional pada mata pelajaran matematika.
  4. Hambatan proses pengembangan kurikulum matematika yang diadopsi dan diadaptasikan dengan kurikulum internasional pada mata pelajaran matematika.

 

D. Simpulan

  1. Pemahaman guru-guru di SMP Negeri 2 Temanggung terhadap pengembangan kurikulum RSBI pada mata pelajaran matematika. Pemahaman guru-guru terhadap pengembangan kurikulum masih minim, dikarenakan kepedulian guru dalam pengembangan dan pendalaman kurikulum belum sepenuhnya ditingkatkan.
  2. Proses Penyusunan dan pengembangan kurikulum RSBI di SMP Negeri 2 Temanggung pada mata pelajaran matematika. Mutu setiap Sekolah Bertaraf Internasional dijamin dengan keberhasilan melaksanakan kurikulum secara tuntas. Keberhasilan tersebut ditandai dengan pencapaian indikator kinerja kunci minimal yaitu: menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, memenuhi Standar Isi dan memenuhi Standar Kompetensi Lulusan.
  3. Ketercapaian pengembangan kurikulum matematika yang diadopsi dan diadaptasikan dengan kurikulum internasional pada matapelajaran matematika. Hasil pengembangan kurikulum SMP Negeri 2 Temanggung berdampak pada:
  4. Tingkat kelulusan Ujian Nasional mencapai 100% dan memperoleh peringkat 9 dari 102 untuk UN RSBI tingkat Nasional.
  5. Terserapnya lulusan/ alumni SMP Negeri 2 Temanggung pada Sekolah menengah atas/kejuruan bertaraf internasional.
  6. Berprestasinya siswa dalam bidang matematika dari tingkat kabupaten maupun tingkat nasional.
  7. Berprestasinya guru, baik tingkat kota maupun tingkat nasional.