Analisis Pengaruh Motivasi, Kepuasan, Komitmen Terhadap OCB

Latar Belakang Motivasi, Kepuasan-Komitmen Terhadap Ocb

Kepuasan kerja seharusnya merupakan penentu utama dari organizational citizenship behavior. Karyawan yang puas akan lebih mungkin berbicara positif tentang organisasi, membantu orang lain dan jauh lebih melebihi harapan yang normal dalam pekerjaan mereka. Akan tetapi bukti terbaru mengemukakan bahwa kepuasan mempengaruhi organizational citizenship behavior, namun melalui persepsi keadilan.

Bagan Organizational Citizenship Behavior
Bagan Organizational Citizenship Behavior

 

Kontribusi tersebut seperti perilaku menolong sesama yang lain, kerelaan melakukan pekerjaan tambahan, menjunjung prosedur dan aturan kerja tanpa menghiraukan permasalahan pribadi, merupakan satu bentuk dari prosocial behaviour, sebagai perilaku sosial yang positif, konstruktif, dan suka memberi pertolongan”. Agar perilaku ekstra peran ditunjukkan dengan baik, maka peran seorang pemimpin sangatlah diperlukan. Kepemimpinan transformasional (transformational leadership) merupakan salah satu diantara sekian model kepemimpinan.

Salah satu upaya memperbaiki kualitas penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat adalah pendekatan dilihat dari aspek manusia (human approach). Seseorang dapat melakukan sesuatu pekerjaan, tentu dengan maksud dan tujuan tertentu baik sebelum bekerja.

Dari uraian diatas fukus dalam penelitian ini adalah hubungan motivasi pelayanan publik, kepuasan kerja dan komitmen organisasi dengan OCB pada karyawan unit SPBU PD. Bengkel Terpadu Kabupaten Sragen.

Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini antara lain :

  1. Apakah motivasi melayani publik (public service motivation) berpengaruh terhadap perilaku dari organizational citizenship behaviour (OCB) pada Karyawan Unit SPBU PD. Bengkel Terpadu Kabupaten Sragen?
  2. Apakah kepuasan kerja berpengaruh terhadap perilaku dari organizational citizenship behaviour (OCB) pada Karyawan Unit SPBU PD. Bengkel Terpadu Kabupaten Sragen?
  3. Apakah komitmen berpengaruh terhadap perilaku dari organizational citizenship behaviour (OCB) pada Karyawan Unit SPBU PD. Bengkel Terpadu Kabupaten Sragen?

Tujuan Penelitian

Berdasarkan uraian latar belakang dan perumusan masalah di atas, tujuan penelitian ini antara lain :

  1. Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap perilaku dari organizational citizenship behaviour (OCB) pada Karyawan Unit SPBU PD. Bengkel Terpadu Kabupaten Sragen.
  2. Untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap perilaku dari organizational citizenship behaviour (OCB) pada Karyawan Unit SPBU PD. Bengkel Terpadu Kabupaten Sragen.
  3. Untuk mengetahui pengaruh komitmen terhadap perilaku dari organizational citizenship behaviour (OCB) pada Karyawan Unit SPBU PD. Bengkel Terpadu Kabupaten Sragen.
Analisis Pengaruh Motivasi, Kepuasan, Komitmen Terhadap OCB
Analisis Pengaruh Motivasi, Kepuasan, Komitmen Terhadap OCB

 

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, beberapa kesimpulan dalam penelitian ini antara lain:

  1. Dari ketiga variabel motivasi, kepuasan dan komitmen, rata-rata masuk dalam penilaian baik/tinggi. Yang paling tinggi skornya adalah adalah komitmen organisasi (3,272) yang paling kecil adalah motivasi (3,054).
  2. Motivasi (pelayanan publik / PSM ) berpengaruh positif terhadap perilaku OCB karyawan Unit SPBU PD. Bengkel Terpadu Kabupaten Sragen.
  3. Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap perilaku OCB karyawan Unit SPBU PD. Bengkel Terpadu Kabupaten Sragen.
  4. Komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap perilaku OCB karyawan Unit SPBU PD. Bengkel Terpadu Kabupaten Sragen.
  5. Motivasi, kepuasan kerja dan komitmen secara serempak berpengaruh positif terhadap perilaku OCB karyawan Unit SPBU PD. Bengkel Terpadu Kabupaten Sragen.
  6. Perilaku ekstra peran (OCB) bagi unit usaha daerah seperti unit SPBU, adalah sangat penting, mengingat selain membawa misi usaha yang berorientasi profit, juga membawa misi sosial sebagai penyeimbang dan penyangga kebutuhan BBM masyarakat

Incoming search terms: