Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa

Judul Skripsi : Keefektifan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditinjau dari Minat Siswa

 

A. Latar Belakang

Kalangan pendidik dan praktisi pendidikan menyadari bahwa banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa di dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. Faktor-faktor yang berpengaruh tersebut adalah faktor internal dan faktor eksternal dari diri siswa itu sendiri. Faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa salah satu di antaranya adalah minat belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh di antaranya model pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk melaksanakan tugasnya yaitu melakukan proses belajar mengajar di kelas.

Selain berbagai unsur pembelajaran diatas keberhasilan suatu proses pembelajaran juga ditentukan oleh dua faktor yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa yang meliputi minat maupun motivasi dan faktor yang berasal dari luar siswa yang meliputi strategi pembelajaran, lingkungan belajar, dan keberadaan media pembelajaran. Minat adalah merupakan satu hal yang harus terpenuhi dalam keberlangsungan serta keberhasilan suatu proses pembelajaran . Faktor minat perlu dimunculkan pada diri siswa atau pebelajar pada saat akan melakukan proses pembelajaran sehingga siswa akan lebih siap dan mampu untuk melaksanakan belajarnya dengan baik. Untuk menumbuhkan suatu minat maupun motivasi pada diri siswa merupakan pekerjaan yang tidak mudah karena guru setidak-tidaknya harus mampu mengenali siswa-siswanya secara lebih mendalam tentang latar belakang kehidupannya sampai permasalahan yang dihadapi masing-masing siswa.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar IPS siswa?
  2. Apakah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa?
  3. Apakah terdapat interaksi pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dengan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :

  1. Perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar IPS siswa.
  2. Perbedaan pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa.
  3. Interaksi pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dengan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa.

 

D. Kesimpulan Skripsi

1. Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual dan konvensional terhadap prestasi belajar IPS siswa . Dalam penerapan pembelajaran kontekstual materi pelajaran selalu dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, dan siswa dituntut selalu aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga akan mempermudah sisiwa mendalami suatu matei eplajaran, hal tesebut pada gilirannya akan mampu meningkatkan prestasi siswa.

2. Terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa. Minat belajar merupakan dorongan belajar dari siswa. Siswa yang memiiki minat belajar yang tinggi akan merasa senang dan antusias dalam melaksanakan kegiatan belajar. Sedangkan siswa yang minat belajarnya rendah, dalam belajar kurang antusias dan tidak berusaha untuk selalu meningkatkan prestasinya.

 

E. Saran

1. Dalam melaksanakan pembelajaran guru hendaknya mampu memilih pendekatan pembelajarn yang efektif, yang selalu melibatkan siswa secara aktif sehingga materi pelajaran akan mudah diterima oleh siswa.

2. Guru IPS di SD dalam pembelajaranya dapat menggunakan pendekatankontekstual sebagai pendekatan pembelajaranya, karena dari hasil peneltian ini penggunaan pedekatan kontektual mampu memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan pendekatan konvensional.