Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Penemuan Terbimbing dan Missouri Mathemetics Project (MMP) terhadap Prestasi Belajar

Judul Skripsi : Eksperimentasi Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Missouri Mathemetics Project (MMP) terhadap Prestasi Belajar SMK

 

A. Latar Belakang Masalah

Kemampuan awal sering dikenal sebagai pengetahuan awal adalah semua pengetahuan yang telah ada dalam otak pembelajar sebelum mereka mempelajari pengetahuan baru dan akan mempengaruhi proses belajar pengetahuan baru tersebut. Apabila pengetahuan baru dari belajar tersebut sesuai dengan konsep yang telah dimilikinya akan terjadi proses penguatan dan jika tidak sesuai maka siswa dapat memperbaiki konsep memorinya. Hasil belajar dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar yang sekarang dapat menjadi dasar kemampuan awal bagi pembelajaran berikutnya. Kemampuan awal merupakan prasyarat agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar. Masing-masing siswa belum tentu memiliki kemampuan awal yang sama.

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka peningkatan prestasi belajar siswa memerlukan perencanaan dan pendekatan yang sistematis, yang menyentuh kebutuhan belajar sesuai dengan kemampuan siswa. Keberhasilan proses belajar mengajar selain dipengaruhi oleh model pembelajaran juga dipengaruhi oleh kemampuan awal siswa, sehingga dimungkinkan bahwa kemampuan awal siswa akan mempengaruhi prestasi belajar yang dicapai oleh siswa.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Manakah di antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik?
  2. Apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal sedang dan rendah? Serta apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal sedang lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah?
  3. Manakah di antara Missouri Mathematics Project dan Guided Discovery yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi, awal sedang, awal rendah ?

 

C. Tujuan Penelitian Skripsi

  1. Mengetahui Manakah di antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan model pembelajaran penemuan terbimbing (Guided Discovery) yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik.
  2. Mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal sedang dan rendah serta apakah prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal sedang lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah.
  3. Manakah di antara Missouri Mathematics Project dan Guided Discovery yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi, awal sedang, awal rendah ?

 

D. Kesimpulan

1. Prestasi belajar siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran Guided discovery.

2. Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah dan sedang.

3. Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kemampuan awal sedang lebih baik dari siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah.

4. Model pembelajaran MMP menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibanding dengan model pembelajaran GD, untuk kategori kemampuan awal tinggi, sedang maupun rendah.