Pendidikan Karakter pada Proses Pembelajaran Matematika

Latar Belakang Masalah  Implementasi Pendidikan Karakter

Hasil penelitian Snyder et al (2010) menunjukkan bahwa sekolah yang mengembangkan program berbasis karakter, positif dapat mempengaruhi prestasi sekolah siswa, kehadiran, dan disiplin siswa.Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan siswa sehari-hari di masyarakat. misalnya saja nilai karakter yang diintegrasikan pada mata pelajaran matematika adalah tanggungjawab. Tujuannya adalah agar dalam kehidupan sehari-hari siswa tidak lari dari permasalaha yang sedang dihadapi, berani menanggung resiko terhadap apa yang telah dilakukan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pengawas sekolah di Kota Bima bahwa dalam pelaksanaan pendidikan karakter, masih banyak guru yang belum paham tentang mengimplementasikan pendidikan karakter dalam mata pelajaran khususnya guru matematika, hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi tentang pendidikan karakter dan juga tingkat kompetensi guru yang berbeda-beda. Akibatnya banyak guru matematika hanya menuangkan nilai-nilai karakter dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tetapi tidak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian di atas, pertanyaan penelitian adalah:

  1. Bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut di kelas VIIE SMP Negeri 2 Kota Bima.
  2. Apakah yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter untuk mata pelajaran matematika pada materi garis dan sudut di kelas VIIE SMP Negeri 2 Kota Bima?

Tujuan Penelitian

Sejalan dengan pertanyaan penelitian di atas, maka tujuan yang hendak dicapai sebagai berikut.

  1. Mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut di kelas VIIE SMP Negeri 2 Kota Bima,
  2. Mendeskripsikan faktor penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter untuk mata pelajaran matematika pada materi garis dan sudut di kelas VIIE SMP Negeri 2 Kota Bima.

Kesimpulan

Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan maka diperoleh beberapa kesimpulan, sebagai berikut:

  1. Upaya yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran yaitu.
  2. Nilai demokratis, upaya yang dilakukan guru adalah dengan memberi perhatian yang sama kepada seluruh siswa, memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat dan selalu berusaha menghargai pendapat siswa.
  3. Nilai disiplin, upaya yang dilakukan guru adalah memberi teladan dengan menaati aturan yang berlaku (menggunakan seragam guru sesuai aturan), selalu mengecek kehadiran siswa, dan memberi hukuman kepada siswa yang melanggar aturan saat proses pembelajaran matematika sedang berlangsung namun guru tidak memberi contoh untuk tepat waktu karena guru pernah terlambat masuk kelas.

Saran

Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian ini, disarankan kepada para guru atau tenaga pendidik matematika lainnya, beberapa hal sebagai berikut.

  1. Dalam mengembangkan nilai demokratis, rasa ingin tahu dan tanggungjawab sebaiknya guru menggunakan berbagai model pembelajaran sehingga hasil belajar siswa mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
  2. Dalam mengembangkan nilai disiplin diharapkan guru menjadi teladan yang baik bagi siswa, diawali dari guru dan tenaga pendidik untuk menaati segala aturan yang berlaku sehingga diharapkan akan diteladani oleh siswa.

Incoming search terms: