Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Beberapa Pendekatan Dalam MSDM

Pendekatan MSDM

Pendekatan MSDM

Pendekatan MSDM~ Organisasi yang semakin lama diwarnai dengan berbagai perkembangan yang ada memiliki berbagai macam masalah yang sifatnya kompleks.

Permasalahan yang ada tentu saja berhubungan erat dengan sumber daya manusia. sehingga dari situ juga dapat dikatakan bahwa sumber daya manusia haruslah dikelola dengan baik agar segala kegiatan yang ada pada organisasi dapat diminimalisir  dampak negatifnya.

Oleh sebab itu dalam mengelolah sumber daya manusia haruslah seimbang, maksimal, dan dilakuakan secara khusus.

Yah, melihat uraian di atas tentu akan semakin memberikan wawasan tambahan jika selanjutnya diulas lebih jauh lagi, oleh karenanya Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  dalam artikel ini akan mengulas lebih jauh tentang Pendekatan Dalam MSDM.

Sumber daya manusia merupakan salah unsur penunjang keberhasilan suatu kegiatan dalam organisasi.

Manajajemen sumber daya manusia menurut A.F. Stoner adalah:

Suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.

Disati sisi Flipo berpendapat :

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan, pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi, dan masyarakat.

Mengelolah SDM dalam era globalisasi merupakan hal yang mudah. Oleh karena itu berdasarkan struktur dan wujud haruslah berkualitas.

Akan tetapi juga perlu diingat bahwa mengelolah SDM juga bukan hal yang mudah dan memiliki rakteristik tertentu. Sehingga dalam mengelolah SDM juga dibutuhkan berbagai pendekatan. Adapun pendekatan yang digunakana dalam manajemen sumber daya manusia meliputi:

  1. Pendekatan SDM
  2. Pendekatan Manajerial
  3. Pendekatan Sistem
  4. Pendekatan Proaktif

Pada pendekatan SDM lebih ditekankan pada pendayagunaan yang ada pada setiap hak asasi manusia. Sedangkan Pendekatan proaktif merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk menekankan secara dalam mengenai kontribusi, manajer, serta permasalahan yang ada.

Dalam hal ini MSDM juga memiliki berbagai prinsip yang mnjadi pondasi berjalannya kegiatan. Adapun prinsip dari manajemen sumber daya manusia meliputi:

  1. Orientasi berdasarakan pelayanan
  2. Membangun kesempatan yang ada pada SDM

Demikian artikel yang membahas mengenai Manajemen SDM, Penedekatan Manajemen SDM, Prinsip Manajemen SDM. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Artikel Yang Terkait: