Pendekatan Konstruktivisme dgn Media Komputer Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa

Judul Skripsi : Eksperimentasi Pendekatan Konstruktivisme dengan Media Komputer Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa pada Materi Pokok Integral di SMA Negeri di Kabupaten Lamandau

 

A. Latar Belakang Masalah

Pada umumnya kegiatan proses belajar mengajar di sekolah-sekolah pada saat sekarang ini cenderung monoton dalam pembelajaran matematika yang hanya menggunakan paradigma lama seperti banyak ceramah, banyak menghafal dan banyak memberi tugas. Salah satu faktor penyebabnya adalah media pembelajaran yang masih konvensional. Media pembelajaran tersebut merupakan media yang menggunakan papan tulis atau white broad sedangkan pada saat ini banyak media pembelajaran yang merupakan hasil dari kemajuan ilmu dan teknologi modern.

Untuk meningkatkan prestasi belajar matematika, maka perlu adanya inovasi pembelajaran yang menyenangkan, menarik, yang lebih efektif dan efisien, bila siswa perlu penjelasan dari guru tidak terhalang pandangannya sehingga proses terbentuknya makna tetap bisa berlangsung. Salah satu alternatif bentuk pembelajaran adalah pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan media komputer yaitu pemanfaatan software macromedia flash MX dan microsoft power point yang diproyeksikan dengan LCD terhadap prestasi belajar matematika siswa dan disesuaikan dengan materi pokok yang akan disampaikan kepada siswa.

 

B. Perumusan Masalah Skripsi

  1. Di antara pendekatan konstruktivisme dengan media animasi macromedia flash MX dan pendekatan konstruktivisme dengan media microsoft power point pada proses pembelajaran matematika, manakah yang dapat memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi pokok integral?
  2. Apakah terdapat interaksi antara pendekatan konstruktivisme dengan suatu media komputer (macromedia flash MX dan microsoft power point) dengan kemampuan awal siswa (tinggi, sedang dan rendah) terhadap prestasi belajar matematika?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui manakah diantara pendekatan konstruktivisme dengan media animasi macromedia flash MX dan pendekatan konstruktivisme dengan media microsoft power point dapat memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi integral.
  2. Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan konstruktivisme dengan suatu media pembelajaran (macromedia flash MX dan microsoft power point) dengan kemampuan awal siswa (tinggi, sedang dan rendah) terhadap prestasi belajar matematika.

 

D. Kesimpulan

1. Terdapat pengaruh media komputer terhadap prestasi belajar matematika pada materi integral. Prestasi belajar siswa pada pendekatan konstruktivisme dengan media macromedia flash MX lebih baik daripada prestasi belajar siswa pada pendekatan konstruktivisme dengan media microsoft power point pada materi integral.

2. Tidak ada interaksi antara media pembelajaran yang digunakan dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok integral. Pada pendekatan konstruktivisme dengan suatu media komputer (macromedia flash MX dan microsoft power point) prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal sedang, sedangkan prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah dan prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal sedang sama dengan prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah pada materi pokok integral. Sedangkan pada kategori kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah) prestasi belajar siswa pada pendekatan konstruktivisme dengan media macromedia flash MX lebih baik daripada prestasi belajar siswa pada pendekatan konstruktivisme dengan media microsoft power point materi pokok integral.