Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pembentukan Zat Warna Antosianin dan Lovastatin dgn Variasi Substrat dan Lama Inkubasi

Judul Skripsi : Fermentasi Monascus Purpureus pada Nata De Coco dalam Pembentukan Zat Warna Antosianin dan Lovastatin dengan Variasi Substrat dan Lama Inkubasi

 

A. Latar Belakang Masalah  

Menurut Albert (1989) dalam Aryantha dkk, (2004), lovastatin digolongkan ke dalam kelompok obat statin yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah. Sebagian besar obat golongan statin yang tersedia di toko-toko diproduksi oleh industri farmasi dari negara lain dan harganya relatif mahal. Penelitian menggunakan media nata yang berpotensi sebagai bahan baku angkak belum banyak dilakukan dan dalam rangka membantu penyediaan zat warna alami yang menyehatkan sehingga dapat meningkatkan daya tarik konsumen terhadap makanan yang ditambahkan zat warna tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji zat warna antosianin yang dihasilkan oleh M. purpureus yang difermentasikan pada nata dengan variasi substrat tepung beras, cassava dan tepung jagung dengan perbedaan lama inkubasi diharapkan akan diperoleh hasil yang dapat dibandingkan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara zat warna antosianin yang dihasilkan dengan kadar lovastatin pada M. purpureus.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Di antara ketiga jenis substrat: beras + nata de coco, cassava + nata de coco dan jagung + nata de coco, manakah yang optimal sebagai penghasil zat warna antosianin dan lovastatin dari purpureus ?
  2. Berapakah waktu inkubasi optimal yang dapat menghasilkan zat warna antosianin dan lovastatin dari purpureus ?
  3. Bagaimana korelasi antara zat warna antosianin dengan kadar lovastatin yang dihasilkan oleh purpureus ?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui jenis substrat yang optimal di antara substrat beras + nata de coco, cassava + nata de coco dan jagung + nata de coco sebagai penghasil zat warna antosianin dan lovastatin dari purpureus.
  2. Menemukan waktu yang optimal untuk dapat menghasilkan zat warna antosianin dan lovastatin dari purpureus.
  3. Menguji adanya korelasi antara pembentukan zat warna antosianin dan kadar lovastatin dari purpureus.

 

D. Simpulan

  1. Substrat yang optimal sebagai penghasil zat warna antosianin dan lovastatin dari purpureus, adalah substrat beras + nata de coco, dengan nilai antosianin 0,062 dan kadar lovastatin 0,588%.
  2. Lama inkubasi optimal yang dapat menghasilkan zat warna antosianin dan lovastatin dari purpureus adalah 15 hari, dengan nilai antosianin 0.070 dan kadar lovastatin 0,602%.
  3. Ada korelasi positif yang signifikan antara zat warna antosianin dan kadar lovastatin dari purpureus.

 

E. Saran

  1. purpureuspada media substratberas + nata de coco menghasilkan zat warna antosianin dan kadar lovastatin yang tinggi, sehingga perlu penelitian lebih lanjut  untuk mencari jenis media yang lain.
  2. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai senyawa-senyawa yang menghasilkan lovastatin sebagai senyawa penurun kolesterol.