Pembelajaran Think-Pair-Share terhadap Peningkatan Partisipasi dan Prestasi Mahasiswa

Judul Skripsi : Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share dan Tugas Makalah Individu terhadap Peningkatan Partisipasi dan Prestasi Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasar Keperawatan I

 

A. Latar Belakang Skripsi

Kurikulum Pendidikan S1 Keperawatan di Prodi S1 Keperawatan FIK UMSurabaya yang dikembangkan dari kurikulum Inti Tahap Akademik Pendidikan Ners pada tahun 1987 dimana mata kuliah Konsep Dasar Keperawatan I (KDK I) merupakan salah satu mata kuliah dasar keperawatan. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi sehingga setelah menyelesaikan cabang ilmu ini mahasiswa mampu memahami berbagai konsep dasar keperawatan dan mengintegrasikannya kedalam cabang ilmu keperawatan lain serta memodifikasi sesuai dengan perkembangan IPTEK keperawatan.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan dosen di Prodi S1 Keperawatan FIK UMSurabaya diperoleh data, bahwa metode pembelajaran yang digunakan sudah variatif yaitu, ceramah dimana proses pembelajaran hanya berjalan satu arah dan diskusi dalam kelompok. Sistem ceramah yaitu sistem yang bertumpu pada aktivitas dosen, dimana aktivitas dan minat mahasiswa bersifat pasif. Disini mahasiswa lebih cepat mengalami kejenuhan dan kebosanan sehingga mahasiswa lebih cenderung untuk melakukan aktivitas diluar proses belajar, seperti main handphone atau sekedar berbicara dengan teman mengenai hal-hal diluar teks pembelajaran. Diskusi kelompok besar adalah mahasiswa mempresentasikan tugas makalah kelompok dan mendiskusikannya dalam kelas.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dan tugas makalah individu efektif dalam meningkatkan partisipasi dan prestasi mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar Keperawatan I?”.

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki berbagai masalah yang timbul dalam mata kuliah Konsep Dasar Keperawatan 1, adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut:

1. Tujuan Umum

Mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair- Share dan tugas makalah individu dalam meningkatkan partisipasi dan prestasi mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah KDK I.

2. Tujuan Khusus

  • Mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif Think– Pair-Share dan tugas makalah individu dalam meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah KDK I.
  • Mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif Think- Pair-Share dan tugas makalah individu dalam meningkatan prestasi mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah KDK I yang dilihat dari hasil tes individu dan hasil kesepakatan dalam pembelajaran.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1. Penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dan tugas makalah individu efektif untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran pada mata kuliah KDK I.

2. Penerapan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dan tugas makalah individu efektif untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dalam pembelajaran pada mata kuliah KDK I.

 

E. Saran

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diberikan saran sebagai berikut:

1. Bagi dosen S1 Keperawatan dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan RPP, serta mampu memilih model pembelajaran yang sesuai sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran tercapai.

2. Metode pembelajaran Think-Pair-Share dan tugas makalah individu dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di S1 Keperawatan karena mampu meningkatkan prestasi dan partisipasi mahasiswa.