Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization- Iringan Musik

Judul Skripsi  : Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization- Iringan Musik Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

 

A. Latar Belakang Masalah

Musik dapat mempengaruhi suasana lingkungan yang menyenangkan dan mampu mempengaruhi cara kerja otak yang diakibatkan dari suasana harmonis dan menyenangkan. Mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dari beberapa permasalahan yang timbul perlu adanya model pembelajaran yang sesuai dengan pokok materi yang diajarkan.

Untuk menjawab pertanyaan itu penulis ingin meneliti seberapa jauh efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada pelajaran matematika yang diiringi musik pada kompetensi dasar Bangun Ruang Sisi Datar pada kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Karanganyar. Pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

 

B. Perumusan Masalah Skripsi

Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah dan pembatasan masalah tersebut di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Manakah prestasi belajar matematika peserta didik yang lebih baik antara pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan iringan musik atau pembelajaran kooperatif tipe TAI tanpa iringan musik?
  2. Manakah yang memberikan prestasi belajar matematika peserta didik yang lebih baik antara peserta didik yang mempunyai gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik?
  3. Manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara pembelajaran dengan model pembelajaran TAI tanpa iringan musik atau model pembelajaran TAI dengan iringan musik pada masing-masing gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik?
  4. Manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik pada model pembelajaran TAI tanpa iringan musik?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui mana yang lebih lebih baik, prestasi peserta didik dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI tanpa iringan musik ataukah pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan iringan musik.
  2. Untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara peserta didik yang mempunyai gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik.
  3. Untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara pembelajaran dengan model pembelajaran TAI tanpa iringan musik atau model pembelajaran TAI dengan iringan musik pada masing-masing gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik.
  4. Untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara gaya belajar visual, auditorial, atau kinestetik pada model pembelajaran TAI tanpa iringan musik.

 

D. Kesimpulan

1. Prestasi belajar matematika peserta didik yang diberikan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan iringan musik lebih baik daripada prestasi belajar matematika peserta didik yang diberikan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe TAI tanpa iringan musik.

2. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik, auditorial, dan visual mempunyai prestasi belajar matematika yang sama.

3. Pada masing-masing gaya belajar peserta didik, model pembelajaran TAI dengan ringan musik memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran TAI tanpa iringan musik.

4. Pada model pembelajaran TAI tanpa iringan musik, peserta didik dengan gaya belajar kinestetik, auditorial dan visual mempunyai prestasi belajar matematika yang sama.