Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pembelajaran Klinik dan Pengetahuan tentang Dokumentasi Perawatan dgn Kinerja Mahasiswa

Judul Skripsi : Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Klinik dan Pengetahuan tentang Dokumentasi Perawatan dengan Kinerja Mahasiswa dalam Pendokumentasian Asuhan Perawatan

A. Latar Belakang Masalah

Dalam penyerahan laporan dokumentasi asuhan keperawatan, 35 mahasiswa menyerahkan tepat waktu, 55 mahasiswa menyerahkan laporan pembuatan dokumentasi asuhan keperawatan pada akhir periode praktik selesai, sehingga jika ada revisi agar pendokumentasian yang dibuat sesuai dengan kondisi penyakit klien tidak memungkinkan dengan alasan klien sudah pulang ataupun waktu praktik sudah selesai.

Bertolak dari permasalahan tersebut diatas, maka peneliti melakukan penelitian tentang hubungan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran klinik  dan pengetahuan tentang dokumentasi perawatan dengan kinerja mahasiswa dalam pendokumentasian asuhan perawatan di Prodi Keperawatan Magelang.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran klinik dengan kinerja mahasiswa dalam pendokumentasian asuhan perawatan?
  2. Apakah ada hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan mahasiswa tentang dokumentasi perawatan dengan kinerja mahasiswa dalam pendokumentasian asuhan perawatan?
  3. Apakah ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran klinik dan pengetahuan tentang dokumentasi perawatan dengan kinerja mahasiswa dalam pendokumentasian asuhan perawatan?

 

C. Tujuan Penelitian Skripsi

Tujuan Umum:

Untuk mengetahui faktor–faktor apa saja yang berhubungan dengan kinerja mahasiswa dalam pendokumentasian asuhank perawatan di Prodi Keperawatan Magelang.

Tujuan Khusus:

  1. Mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran klinik dengan kinerja mahasiswa Semester III dalam pendokumentasian perawatan di Prodi Keperawatan Magelang .
  2. Mengetahui hubungan antara pengetahuan mahasiswa tentang dokumentasi keperawatan dengan kinerja mahasiswa semester III dalam pendokumentasian perawatan di Prodi Keperawatan Magelang.
  3. Mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran klinik dan pengetahuan tentang dokumentasi perawatan dengan kinerja mahasiswa dalam pendokumentasian asuhan perawatan di Prodi Keperawatan Magelang.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian yang telah dilakukan terhadap mahasiswa Prodi Keperawatan Magelang dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut:

1. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran klinik dengan kinerja mahasiswa dalam pendokumentasian asuhan keperawatan.

2. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan mahasiswa tentang dokumentasi proses perawatan dengan kinerja mahasiswa dalam pendokumentasian asuhan keperawatan.

3. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran klinik dan pengetahuan tentang dokumentasi perawatan dengan kinerja mahasiswa dalam pendokumentasian asuhan keperawatan.

 

E. Saran

Diharapkan adanya komunikasi yang baik antara pembimbing dengan mahasiswa yang memerlukan bimbingan, karena dengan adanya komunikasi timbal balik yang aktif akan dapat menekan seminimal mungkin persepsi yang salah tentang pembelajaran klinik dan kesalahan dalam membuat laporan atau pembuatan pendokumentasian asuhan keperawatan sehubungan dengan keadaan klien yang dirawat. Perlu adanya peningkatan intensitas pembimbing praktik klinik mendampingi mahasiswa/supervisi.