Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pembelajaran CTL dgn Metode Demonstrasi dan Simulasi Komputer

Judul Skripsi : Efektivitas Pembelajaran CTL dengan Metode Demonstrasi dan Simulasi Komputer

 

A. Latar Belakang

Perkembangan industri yang terlalu cepat menjadi suatu kendala sekolah dalam menyiapkan lulusannya sesuai kebutuhan industri. Salah satu jalan untuk menjembatani kesenjangan ini, guru SMK harus memiliki cara yang efektif untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Salah satunya dengan memberikan demonstrasi tentang hal yang ada di industri. Demonstrasi menjawab tentang gambaran alat atau cara kerja dengan kapasitas, ukuran atau jumlah lebih kecil dari sebenarnya.

Dengan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar. Tidak terkecuali SMK Negeri 2 Sragen yang terus berupaya meningkatkan kualitas lulusannya. SMK Negeri 2 Sragen saat ini menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat Sragen sebagai tempat pedidikan anak – anaknya. Hal ini dikarenakan banyak lulusannya yang dapat diterima sebagai karyawan atau pegawai di berbagai perusahan besar. Banyaknya lulusan yang dapat diterima bekerja menunjukan bahwa kualitas lulusan SMK Negeri 2 Sragen cukup berkualitas dan dipercaya oleh masyarakat dan industri. Minat untuk bekerja meningkatkan kualitas lulusan yakni dari kemampuan dalam bekerja industri yang selalu menjadi teladan untuk karyawan yang lain. Kemampuan siswa dalam mengoperasikan mesin tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah pembelajaran CTL dengan metode demonstrasi dengan simulasi komputer lebih efektif daripada simulasi komputer saja dalam menyiapkan kemampuan siswa memprogram mesin CNC sebelum melakukan kerja praktek industri pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sragen?
  2. Apakah motivasi berwirausaha tinggi lebih efektif daripada motivasi berwirausaha rendah dalam menyiapkan kemampuan siswa memprogram mesin CNC sebelum melakukan kerja praktek industri pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sragen?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui efektivitas pembelajaran CTL dengan metode demonstrasi dengan simulasi komputer dalam menyiapkan kemampuan siswa memprogram mesin CNC sebelum melakukan kerja praktek industri pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sragen.
  2. Mengetahui motivasi berwirausaha pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sragen.

 

D. Kesimpulan

1. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran CTL dengan metode Demonstrasi dan Simulasi komputer saja terhadap kemampuan memprogram mesin CNC, yang berdasarkan Fhitung = 47,78 dibandingkan Ftabel = 3,999. Kelas yang menggunakan metode demonstrasi memiliki kemampuan lebih baik dibanding kelas yang menggunakan simulasi komputer saja.

2. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara motivasi berwirausaha tinggi dan motivasi berwirausaha rendah terhadap kemampuan memprogram mesin CNC, yang berdasarkan Fhitung = 25,65 dibandingkan Ftabel = 3,999. Kelompok yang memiliki motivasi wirausaha tinggi memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan keompok yang memiliki motivasi wirausaha rendah.

 

E. Saran Skripsi

1. Guru sebaiknya menguasai berbagai pendekatan (approach) pembelajaran, dan mampu menerapkan sesuai dengan kebutuhan. Ketepatan dalam memilih pendekatan akan membantu siswa untuk mencapai kompetensi standar sesuai kurikulum yang berlaku. Siswa berprestasi dihasilkan oleh guru/pendidik yangn

2. Untuk mengoptimalkan pembelajaran dengan pendekatan metode demonstrasi diperlukan dukungan sarana penunjang pembelajaran seperti modul atau bahan ajar yang lengkap, alat-alat/mesin.

Incoming search terms: