Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pembelajaran Blok Sistem Perkemihan dgn Metode PBL pada Kurikulum Berbasis Kompetensi

Judul Skripsi : Analisis Pembelajaran Blok Sistem Perkemihan dengan Metode Problem Based Learning pada Kurikulum Berbasis Kompetensi di Akademi Kesehatan Rustida

 

A. Latar Belakang Skripsi

Dalam perjalanan implementasi Kurikulum KBK selama dua semester, belum pernah dilakukan analisis terhadap implementasi kurikulum KBK berhubungan dengan bagaimana implementasi kurikulum KBK mampu lebih meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal pengetahuan, Skill dan berfikirkritis serta berbagai hal yang menghambat dan mendukung implementasi kurikulum KBK.

Pada waktu penelitian ini dilaksanakan sedang berlangsung proses pembelajaran semester genap (semester 4). Blok awal pada semester 4 adalah blok sistem perkemihan. Untuk itulah peneliti memilih blok sistem perkemihan, dengan harapan hasil penelitian ini nantinya bisa dipergunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran pada blok-blok selanjutnya. Berdasarkan uraian diatas maka peneliti tertarik meneliti Analisis Pembelajaran Blok Sistem Perkemihan dengan Metode Problem Based Learning pada Kurikulum Berbasis Kompetensi di Akademi Kesehatan Rustida Program studi D III Keperawatan. Analisis pembelajaran dimaksud adalah peneliti ingin melakukan analisis proses pembelajaran blok system perkemihan di Prodi D III keperawatan Akademi Kesehatan Rustida yang meliputi aspek penyusunan CSG (Silabus dan RPP, pemilihan model dan strategi yang diterapkan dosen penyusunan penilaian danevaluasi), aspek implementasi Problem Based Learning dengan pendekatan Seven Jumps, aspek pelaksanaan evaluasi, aspek implementasi pembelajaran remedial,n mendeskripsikan hasil yang dicapai dan mendeskripsaikan hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode Problem Based Learning (Prodi D III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida, 2010).

 

B. Rumusan Masalah

Pada penelitian ini rumusan masalahnya adalah:

  1. Bagaimana implementasi pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata kuliah blok system perkemihan?
  2. Bagaimana hasil yang dicapai pada implementasi kurikulum berbasis kompetensi dengan pembelajaran Problem Based Learning pada mata kuliah blok system perkemihan?

 

C. Tujuan Penelitian

1. Tujuan Umum

  • Mengetahui Implementasi Pembelajaran Blok Sistem Perkemihan dengan Metode Problem Based Learning pada Kurikulum Berbasis Kompetensi di Akademi Kesehatan Rustida Program studi D III Keperawatan.

2. Tujuan Khusus

 

D.  Kesimpulan

1. Implementasi pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata kuliah blok system perkemihan Implementasi Pembelajaran Berbasis Kompetensi dengan Model Pembelajaran Problem-Based Learning pada Blok Sistem Perkemihan

2. Strategi yang diterapkan dosen dalam pendekatan Problem Based Learning mata kuliah blok system perkemihan Berdasarkan temuan peneliti diketahui bahwa metode yang diterapkan oleh para tutor blok system perkemihan mayoritas mengacu pada pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centred Learning) sebagai subyek belajar dengan segala karakteristiknya. Pendekatan yang digunakan adalah PBL-Seven Jumps utamanya padakompetensi klinis (Kompetensi 3 dan 5).

 

E. Saran

1. Untuk Dosen

Perlu adanya penyegaran dalam penerapan model pembelajaran problem based learning, penyusunan CSG dan RPP. Perlu workshop yang sudah dilakukan selama ini dimasukkan teori dan praktik langsung tentang bagaimana menerapkan metode pembelajaran problem based learning.

2. Untuk peneliti selanjutnya

Dengan gambaran hasil penelitian ini, maka perlunya dilakukan penelitian lanjutan mengenai persepsi dan motivasi mahasiswa pada implementasi pembelajaran dengan metode problem based learning.