Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar

Judul Skripsi : Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Surakarta

A. Latar Belakang Masalah

Sumber belajar IPS Geografi selain berupa catatan tentang kejadian alam yang telah disusun secara urut dalam sebuah buku pelajaran IPS Geografi juga dapat berupa kejadian-kejadian alam yang dapat diamati di lingkungan sekitar anak. Oleh karena itu guru sebagai penyaji selayaknya juga memanfaatkan “lingkungan alam sekitar” sebagai sumber belajar bagi mata pelajaran yang relevan, dalam hal ini pengajaran IPS Geografi. Memilih lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar harus disesuaikan dengan materi, karakteristik anak dan materi itu sendiri. Di samping itu sumber belajar yang digunakan harus mampu merubah tingkah laku siswa.

Dengan memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar IPS Geografi pada materi bentukbentuk muka bumi siswa diharapkan dapat mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap lingkungan dan diharapkan guru dapat menanamkan kepedulian lingkungan pada siswa SMPN 16 Surakarta kelas VII. Sikap seseorang terhadap suatu obyek pada umumnya akan mempengaruhi responnya dalam menerima obyek tersebut. Demikan juga sikap siswa terhadap lingkungan hidup akan mempengaruhi responnya dalam menerima lingkungan hidupnya.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011?
  2. Bagaimana Hubungan Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011?
  3. Bagaimana Hubungan Antara Minat Belajar Dan Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar secara bersama-sama Dengan Prestasi Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011?

 

C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya:

  1. Hubungan antara minat belajar dalam pelajaran IPS Geografi dengan prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta.
  2. Hubungan antara pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar dengan belajar IPS Geografi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta.
  3. Hubungan secara bersama-sama antara minat belajar dan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar IPS Geografi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta.

 

D. Kesimpulan

1. Ada hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran IPS Geografi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi Product Moment pada taraf signifikasi 5% yang diperoleh rhitung > rtabel atau 0.924.>.0.176

2. Ada hubungan yang positif antara pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran IPS Geografi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi Product Moment pada taraf signifikasi 5% yang diperoleh rhitung > rtabel atau 0.921 .>.0.176

3. Ada hubungan yang positif antara minat belajar dan pemanfaatan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata pelajaran IPS Geografi siswa kelas VII SMP Negeri 16 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi Product Moment pada taraf signifikasi 5% yang diperoleh rhitung > rtabel atau. 0.863.>.0.176

Incoming search terms: