Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pemanfaatan Laboratorium Multimedia dalam Program RSBI

Latar Belakang Masalah Penunjang Program RSBI

Percepatan arus informasi dalam era globalisasi dewasa ini menuntut semua bidang pendidikan untuk menyesuaikan visi, misi, tujuan, dan strateginya agar sesuai dengan kebutuhan, dan tidak ketinggalan zaman. Penyesuaian tersebut secara langsung mengubah tatanan dalam sistem makro, maupun mikro, demikian halnya dalam sistem pendidikan. Sistem pendidikan nasional senantiasa harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan yang terjadi baik di tingkat lokal, nasional, maupun global Melihat begitu pentingnya maka filosofi eksternalisme berkenyakinan dengan mengembangkan eksistensi peserta didik seoptimal mungkin melalui fasilitas yang dilaksanakan melalui proses pendidikan yang bermartabat, properubahan (kreatif, inovatif, dan eksperimentatif), menumbuhkan dan mengembangkan bakat , minat dan kemampuan anak didik sangatlah diperlukan.

Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia harus memperhatikan perbedaan kecerdasan, bakat dan minat peserta didik. Oleh karena itu peserta didik harus diberi perlakuan secara maksimal untuk mengaktualisasikan potensi intelektual, emosional dan spriritual.

Perumusan Masalah

  1. Bagaimana pemanfaatan laboratorium multimedia dalam pelaksanaan program RSBI sebagai upaya peningkatan prestasi mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Madiun ?
  2. Kendala apa yang dihadapi oleh sekolah dalam pemanfaatan laboratorium multimedia dalam pogram RSBI di SMA Negeri 3 Madiun dan upaya apa yang dilakukan oleh sekolah dalam mengatasinya?
  3. Hasil apakah yang diperoleh siswa dari pemanfaatan laboratorium multimedia dalam program RSBI sebagai upaya peningkatan prestasi mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Madiun?

Kajian Teori

  • Pengertian SBI

SBI merupakan usaha sadar, terarah, dan terencana untuk mewujudkan citra manusia ideal yang memiliki kemampuan (kompetensi) dan kesanggupan hidup secara lokal, regional, nasional dan global, Ada tiga standart utama yang harus dipenuhi oleh SBI yaitu standart lulusan (output) dan kelanjutan (outcome), standart proses (proses), dan standart masukan ( input).

  • Pengertian Prestasi Belajar

Pengertian prestasi belajar menurut W S Winkel (1996:76), yakni: Prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan yang dapat dicapai dalam suatu proses yang berlangsung dalam interaksi subyek dengan lingkungannya yang menghasilkan perubahan pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan nilai-nilai yang akan disimpan atau dilaksanakan menuju kemajuan.

  • Pengertian Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas yng sangat terbatas. (Dra .Hj. Sukwiaty dkk 2006:112).

Metodologi Penelitian

Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Madiun pada tahun pelajaran 2010/2011. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi informan, peristiwa, dan dokumen.

Teknik sampling pengumpulan data yang diterapkan adalah pengamatan, wawancara/interview, dan mengkaji dokumen arsip. Teknik sampling yang digunakan untuk mengambil sampel adalah snowball sampling.

Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan keikutsertaan, keajegan pengamatan, dan trianggulasi. Sedangkan analisa data dilakukan analisa interaktif yang meliputi : reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan.

Kesimpulan

Pemanfaatan laboratorium multimedia dalam program RSBI di SMA Negeri 3 Madiun dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Dengan memanfaatkan laboratorium multimedia dalam pembelajaran ternyata dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran ekonomi.
  2. Hampir semua guru di SMA Negeri 3 Madiun telah memanfaatkan laboratorium multimedia dalam setiap proses pembelajaran sebesar 90%(68 guru) dari 76 guru, sedang yang belum menggunakan sebanyak 10% (8 orang guru).

Kendala yang dihadapi oleh SMA Negeri 3 Madiun dalam pemanfaatan Laboratorium multimedia dalam program RSBI :

  1. Kendala adaptasi teknologi
  2. Kendala etos kerja
  3. Kendala lingkungan

Upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi kendala tersebut adalah

  • Cara mengatasi kendala adaptif teknologi:
  1. Diberikan workshop , IHT untuk semua guru.
  2. Khusus bagi guru-guru yang usianya diatas 50 tahun didampingi teman (team teaching) dalam pemanfatan multimedia.
  • Cara mengatasi kendala pemanfaatan multimedia yang berupa etos kerja adalah ;
  1. Memberikan pelatihan /workshop kepada semua guru tentang pemanfaatan laboratorium multimedia dengan bekerjasama dengan pihak luar
  2. Menjadikan guru TIK sebagai guru pendamping yang mengajari teman- teman apabila ada kesulitan dalam pemanfaataan multimedia
  3. Mengirim beberapa guru untuk mengikuti penataran/workshop

Hasil yang diperoleh dari pemanfaatan laboratorium multimedia dalam program RSBI di SMA Negeri 3 Madiun dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Mampu menciptakan pembelajaran yang interaktif
  2. Pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien
  3. Meningkatkan kualitas belajar