Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pemahaman Basic Cardiac Life Support dgn Prestasi Belajar Mahasiswa Praktek CPR

Judul Skripsi : Hubungan Motivasi Belajar dan Pemahaman tentang BCLS dengan Prestasi Belajar Praktek CPR Mata Kuliah Keperawatan Gawat Darurat di Akper Kosgoro Kota Mojokerto

 

A. Latar Belakang Masalah

Pemahaman yang dicapai sebagian mahasiswa program diploma tiga keperawatan dalam pembelajaran praktek CPR dilaboratorium cukup baik, namun bila dilihat dari nilai hasil evaluasi perilakunya sebagian besar mahasiswa dengan nilai kurang baik. Hal ini kemungkinan beberapa mahasiswa kurang tertarik dengan pembelajaran CPR di laboratorium sehingga mahasiswa kurang perhatian, kurang berperan aktif serta kurang berminat dalam mengikuti praktek CPR dilaboratorium. Perilaku mahasiswa dalam praktek CPR dilaboratorium sangat banyak factor yang mempengaruhinya diantaranya ketertarikan mahasiswa pada materi yang diajarkan atau adanya motivasi belajar CPR dari mahasiswa tersebut dan dari pemahaman mahasiswa tentang teori yang diperolehnya.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh masing–masing pihak itu sebenarnya dilatar belakangi oleh sesuatu yang dinamakan motivasi. Motivasi inilah yang mendorong mereka untuk melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar akan menjadi optimal kalau ada motivasi. Dengan motivasi, konsentrasi dan reaksi, subjek belajar dapat mengembangkan fakta–fakta, ide atau skill (Sardiman, 2010: 43, 84). Berdasarkan dari gambaran diatas, untuk mengetahui apakah motivasi belajar dan pemahaman berhuhungan dengan prestasi belajar mahasiswa dalam praktek CPR, maka peneliti perlu membuktikan secara ilmiah melalui penelitian ini dengan judul “Hubungan Motivasi Belajar dan Pemahaman tentang BCLS dengan Prestasi belajar praktek CPR mata kuliah Keperawatan gawat darurat di Akper Kosgoro Kota Mojokerto”

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan antara pemahaman tentang BCLS dengan prestasi belajar mahasiswa pada praktek CPR mata kuliah Gawat Darurat di AKPER Kosgoro Kota Mojokerto?
  2. Apakah ada hubungan antara motivasi belajar dan pemahaman tentang BCLS secara bersama – sama terhadap prestasi belajar mahasiswa pada praktek CPR mata kuliah Gawat Darurat di AKPER Kosgoro Kota Mojokerto?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan pemahaman BCLS terhadap prestasi belajar mahasiswa pada praktek CPR mata kuliah Gawat Darurat di AKPER Kosgoro Kota Mojokerto.

 

Tujuan Khusus

  1. Ruang Lingkup Bidang ILmu
  2. Penelitian ini dalam lingkup ilmu pendidikan keperawatan khususnya kajian tentang penelitian Hubungan Motivasi Belajar dan Pemahaman tentang BCLS dengan Prestasi Praktek CPR para mahasiswa di Akper Kosgoro Kota Mojokerto

D. Kesimpulan

1. Terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman dengan prestasi belajar praktek CPR dengan nilai signifikan uji product moment ẞ = 0,001 dengan kekuatan hubungan sedang

2. Terdapat hubungan motivasi dan pemahaman dengan prestasi belajar praktek CPR pada mata kuliah keperawatan gawat darurat di Akper Kosgoro Kota Mojokerto. Setiap peningkatan 1 skore motivasi akan meningkatkan sebesar 0,530 skore prestasi belajar (ẞ = 1,330 interval kepercayaan 95 % -0,318 sampai 1,671.). Setiap peningkatan 1 skore pemahaman akan meningkatkan sebesar 0,571 skore prestasi belajar (ẞ = 1,379 interval kepercayaan 95 % 0,364 sampai 0,476). Koefisien determinasi sebesar 0,368 dengan sumbangan efektif variabel motivasi dengan prestasi 85,741% sedangan variabel pemahaman dengan prestasi 14,259 %. Sedangkan hasil dari sumbangan efektif untuk variabel motivasi 31,55% dan untuk variabel pemahaman 5,25 %.