Melayani Jasa Pembuatan Tesis Dan Skripsi Professional Terpercaya | HP 0852.2588.7747
HP CS Kami 085225887747 (WhatApp) email:idtesis@gmail.com

Pelaksanaan Pembelajaran Quantum di SD Muhammadiyah 1 Magetan

Latar Belakang Masalah Pembelajaran Quantum di Sekolah Dasar

Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan menggunakan pembelajaran quantum. Pembelajaran ini mulai dikenal di Indonesia sejak diterbitkannya buku Quantum Teaching karya De Porter pada tahun 1999. Pembelajaran quantum sebagai salah satu metode belajar dapat memadukan antara berbagai sugesti positif dan interaksinya dengan lingkungan yang dapat mempengaruhi proses belajar dan hasil belajar seseorang. Kesempatan yang luas yang ada dalam pembelajaran quantum memberikan kepada pengajar dan peserta didik untuk dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran quantum seorang pembelajar akan mendapatkan petunjuk tentang menciptakan lingkungan belajar yang efektif, merancang kurikulum, penyampaian isi dan bagaimana melakukan proses pembelajaran dengan mudah. Hal ini merupakan suatu modal untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Ketertarikan peneliti terhadap pembelajaran quantum di SD Muhammadiyah 1 Magetan, karena SD ini termasuk sekolah yang masih baru yang dengan konsisten menerapkan pembelajaran quantum. SD ini mempunyai prestasi yang membanggakan serta dari 35 SD yang berada di wilayah Kecamatan Magetan baru SD Muhammadiyah 1 Magetan yang melaksanakan pembelajaran quantum. Selain itu juga pelaksanaan pembelajaran quantum di SD Muhammadiyah 1 Magetan belum pernah diteliti. Untuk itu penelitian yang peneliti lakukan ini adalah untuk mengkaji bagaimana guru di SD Muhammadiyah 1 Magetan melaksanakan pembelajaran quantum sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang sudah diterapkan di sekolah sebagai sarana meningkatkan potensi yang dimiliki oleh siswa.

Perumusan Masalah

  1. Bagaimana langkah – langkah pembelajaran quantum dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Magetan?
  2. Bagaimana upaya mengatasi masalah yang timbul dalam pembelajaran quantum di SD Muhammadiyah 1 Magetan?
  3. Faktor-faktor apa yang mendukung pembelajaran quantum di SD Muhammadiyah 1 Magetan?

Kajian Teori

  1. Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran adalah upaya pendidik untuk membantu peserta didik melakukan kegiatan belajar. (D. Sudjana S, 2000 : 6).

  1. Sejarah dan Pengertian quantum

Pembelajaran quantum sesungguhnya merupakan ramuan atau rakitan dari berbagai teori atau pandangan psikologi kognitif dan pemrograman neurologi/neurolinguistik yang jauh sebelumnya sudah ada.Quantum Learning berakar dari upaya Georgi Lozanov, pendidik berkebangsaan Bulgaria. Metode belajar ini diadopsi dari beberapa teori. Antara lain sugesti, teori otak kanan dan kiri, teori otak triune, pilihan modalitas yang meliputi visual, auditorial, kinestetik dan pendidikan holistic.

  1. Pendekatan Quantum dalam Pembelajaran

Pendekatan quantum merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dilakukan dengan adanya penggubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan disekitar situasi belajar.

Metodelogi Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan model analisis interaktif. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi model dan triangulasi sumber.

Simpulan

  1. Pembelajaran quantum telah dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Magetan sejak tahun 2007 merupakan suatu pembelajaran aktif dimana langkah-langkah pembelajarannya sesuai dengan apa yang terdapat dalam teori pembelajaran quantum, yaitu TANDUR. Yang mana langkah-langkah pembelajaran quantum dengan TANDUR dimulai dari Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan terakhir adalah Rayakan yang dalam pelaksanaannya dilakukan secara berurutan.
  2. Berkaitan dengan faktor pendukung pembelajaran yang berupa fasilitas maka dapat dinyatakan bahwa fasilitas yang dimiliki oleh sekolah sudah dapat dimanfaatkan oleh para guru dengan optimal guna mendukung pembelajaran yang mereka lakukan. Sedangkan berkaitan dengan faktor guru, maka sekolah mengadakan pembinaan rutin, mengirimkan dalam pelatihan-pelatihan serta melakukan studi banding ke sekolah lain sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kemampuan mereka.
  3. Pembelajaran quantum yang sudah dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Magetan telah memberikan manfaat baik bagi guru maupun bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan pembelajaran dengan metode quantum yang disenangi oleh siswa dan bagi guru merupakan pembelajaran yang simpel. Selain juga meningkatkan kualitas pembelajaran yang sudah ada. Indikasi ini dijumpai dari suasana pembelajaran yang dinamis dimana guru dan siswa sama-sama aktif ketika pembelajaran sedang berlangsung, serta dijumpainya data tentang nihilnya kelas yang tidak diajar oleh guru.