Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pelaksanaan Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS

Latar Belakang Masalah Internalisasi dalam Belajar IPS

Mata pelajaran IPS adalah salah satu bidang ilmu yang diajarkan di Sekolah Menengah Pertama.Kaitannya dengan internalisasi nilai karakter dalam penelitian ini akan difokuskan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial secara terpadu. Untuk mengajarkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran IPS, tentunya tidak bisa diajarkan dengan pendekatan pengajaran fakta (ceramah), tetapi harus digunakan pendekatanpendekatan yang cocok sehingga memungkinkan siswa memahami, menghayati, dan  menginternalisasikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang akan terintegrasi dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran IPS. Nilai-nilai tersebut dicantumkan dalam pengembangan silabus, penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) sebelum guru menentukan metode atau pendekatan yang digunakan.

Agar pembelajaran lebih bermakna atau bernilai tinggi, guru dapat memilih dan menggunakan metode yang dapat menginternalisasi nilai-nilai karakter di dalamnya, menerapkan teknik pembelajaran yang membantu siswa dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang dianggap baik dalam menghadapi persoalan melalui proses analisis nilai yang sudah ada dan tertanam dalam diri siswa.

Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pelaksanaan internalisasi nilai karakter siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri tahun 2012?
  2. Apa hasil pelaksanaan internalisasi nilai karakter siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Wonogiri tahun 2012?

Kajian Teori, Hasil Penelitian Yang Relevan, Dan Kerangka Pikir

  • Pengertian Karakter dan Pendidikan Karakter

Karakter adalah perilaku yang dilandasi oleh nilai-nilai berdasarkan norma agama, kebudayaan, hukum/konstitusi, adat istiadat, dan estetika.Pendidikan karakter adalah upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai sehingga peserta didik berperilaku sebagai insan kamil (Kemendiknas, 2010:245)

  • Tujuan Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter bertujuan meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah melalui pembentukan karakter peserta didik secarautuh, terpadu, dan seimbang sesuai standar kompetensi kelulusan (Kemendiknas, 2011:246)

  • Fungsi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Pendidikan budaya dan karakter bangsa mempunyai tiga fungsi yaitu :

  1. Pengembangan
  2. Perbaikan
  3. Penyaring

Metodelogi Penelitian

Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sidoharjo Wonogiri tahun 2012.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif.

Penganmbilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karena disesuaikan dengan tujuan dan yang mengetahui permasalahannya.

Data-data yang diperlukan diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, angket, dan analisis dokumen. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Kesimpulan

  1. Pelaksanaan internalisasi nilai karakter siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sidoharjo

Kegiatan pembelajaran dirancang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dikembangkan. Dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sidoharjo, pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter sudah dilaksanakan tetapi belum maksimal. Guru IPS masih terfokus pada materi pelajaran pokok sehingga nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan sering terlupakan. Proses internalisasi nilai dalam kegiatan pembelajaran belum nampak. Kegiatan belajar mengajar masih bersifat konvensional dan belum memasukkan nilai-nilai karakter secara intensif.

  1. Hasil pelaksanaan internalisasi nilai karakter siswa dalam pembelajaran IPS Secara khusus sampai saat ini belum dilakukan penilaian terhadap pelaksanaan internalisasi nilai karakter dalam pembelajaran. Untuk mengetahui hasil pendidikan karakter dilakukan melalui pengamtan, pembiasaan sikap dan perilaku siswa sehari-hari. Secara umum pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Negeri 2 Sidoharjo sudah melaksanakan sebagian nilai-nilai karakter antara lain :
    1. Nilai relegius melalui kegiatan sholat dluhur berjamaah di sekolah. Sholat Jumat secara bergiliran, dan kebiasaan berdoa setiap awal dan akhir pelajaran.
    2. Nilai disiplin melalui kegiatan upacara bendera setiap hari Senin, disiplin waktu datang dan pulang sekolah.