Pelaksanaan Asuransi Takaful Dana Pendidikan di PT Takaful Keluarga

Latar Belakang Masalah Asuransi Takaful

Asuransi Takaful Keluarga Cabang Surakarta yang berdiri sejak bulan Nopember 1995 merupakan perusahaan asuransi jiwa syariah yang memiliki berbagai produk diantaranya Asuransi Takaful Dana Pendidikan / Fulnadi adalah merupakan produk individu yang ada unsur tabungan yaitu produk yang diperuntukkan untuk perseorangan dan dibuat secara khusus, dimana didalamnya selain mengandung unsur tabarru’ juga terdapat unsur tabungan yang dapat diambil kapan saja oleh pemiliknya.

Asuransi Takaful Dana Pendidikan di PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Surakarta sejak diperkenalkan pada masyarakat pada bulan Desember 1995 sampai saat ini telah mempunyai nasabah kurang lebih 1.750 orang. Premi yang dibayarkan oleh peserta Asuransi Takaful Dana Pendidikan / Fulnadi kepada PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang surakarta selain dimasukkan pada rekening tabungan sebagai kumpulan dana yang merupakan milik peserta juga dimasukkan pada rekening khusus tabarru’ sebagai kumpulan dana yang diniatkan oleh peserta sebagai dana derma untuk tujuan saling menolong sesama peserta asuransi.

Rumusan Masalah

Bagaimana pelaksanaan Asuransi Takaful Dana Pendidikan / Fulnadi Di PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Surakarta, apakah telah sesuai syariah?

Landasan Teori

  1. Konsep Islam Tentang Asuransi

Perjanjian asuransi adalah hal baru yang belun pernah terjadi pada masa Rasulullah SAW, para sahabat serta tabi’in, tetapi tentang timbulnya asuransi, belum didapati bahan lengkap yang mengungkapkannya. Menurut penelitian para ahli, sesunguhnya sejarah lahirnya sistem asuransi di Eropa mulai pada abad ke 14 Masehi. Sedangkan di dunia Timur, hal itu baru dikenal setelah lima abad kemudian, yaitu sekitar abad 19 Masehi (abad ke 23 H), ketika kian kuatnya perhubungan ekonomi antara dunia barat dan timur.

  1. Prinsip-prinsip Asuransi Syariah

Asuransi Syariah/Takaful ditegakkan atas tiga prinsip utama, yaitu:

  • Saling bertanggung jawab, yang berarti para peserta asuransii takaful memiliki rasa tanggung jawab bersama untuk membantu dan menolong peserta lain yang mengalami musibah atau kerugian dengan niat ikhlas, karena memikul tanggung jawab dengan niat ikhlas adalah ibadah.
  • Saling bekerja sama atau saling membantu, yang berarti di antara peserta asuransi takaful yang satu dengan lainnya saling bekerja sama dan saling tolong-menolong dalam mengatasi kesulitan yang dialami karena sebab musibah yang diderita. Sebagaimana firman Allah dalam QS.Al-Maidah ayat 2, yang artinya: “Bekerjasamalah kamu pada perkara-perkara kebajikan dan takwa, dan jangan bekerja sama dalam perkara–perkara dosa dan permusuhan.”
  • Saling melindungi penderitaan satu sama lain, yang berarti bahwa para peserta asuransi takaful akan berperan sebagai pelindung bagi peserta lain yang mengalami gangguan keselamatan berupa musibah yang dideritanya. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Quraisy ayat 4.

Metodelogi Penelitian

Penelitian ini termasuk penelitian Hukum sosiologis (non doctrinal) bersifat kualitatif, maka jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari penelitian lapangan dan data skunder yaitu data atau pengetahuan yang diperoleh melalui study kepustakaan, tulisan dan sumber data lainnya.

Simpulan

Dari hasil penelitian dan pembahasan maka pelaksanaan Asuransi Takaful Dana Pendidikan di PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Surakarta dapat disimpulkan sebagai berikut :

Pelaksanaan Asuransi Takaful Dana Pendidikan adalah berpedoman pada ketentuan Hukum Islam berlandaskan prinsip saling bekerjasama, saling tolong menolong dan saling melindungi diantara peserta Asuransi, dengan akad mudharabah untuk hasil investasi dan akad tabaru’ sebagai dana kebajikan yang digunakan untuk membantu peserta yang mengalami musibah. Dana yang terkumpul dari peserta Asuransi Takaful Dana Pendidikan tersebut di investasikan melalui Bank yang dikelola secara syariah. Asuransi Takaful Dana Pendidikan di reasuransikan melalui reasuransi syariah.

Asuransi Takaful Dana Pendidikan telah dilaksanakan sebagaimana peraturan yang terdapat dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 21/DSNMUI/ X/2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah serta Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) Pasal 564 ayat (1) dan (2), dimana dalam ayat (1) disebutkan bahwa perusahaan asuransi (ta’min) selaku pemegang amanah wajib melakukan investasi dari dana yang terkumpul ayat (2) investasi sebagaimana dalam ayat (1) wajib dilakukan sesuai dengan prinsip syariah. Sehingga pelaksanaan Asuransi Takaful Dana Pendidikan,di PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Surakarta tersebut telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yaitu menghindarkan dari gharar, maisir dan riba, yang diharamkan dalam Islam.