Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Inovasi Dan Perubahan Organisasi Pelayanan Kesehatan

Pelayanan Kesehatan

Pelayanan Kesehatan

Pelayanan Kesehatan~ Berbicara masalah kesehatan pasti semua orang menginginkan pelayanan yang berkualitas tinggi. Kesadaran kesehatan pun menjasdi tugas utama para penyelenggara pelayanan kesehatan.

Namun kurang sadarnya penyelenggara pelayanan kesehatan untuk selalu berinovasi dalam perubahan pelayanan kesehatan, seringkali membuat publik memberikan cap negatif terhadap penyelenggara pelayanan kesehatan tersebut.

Dalam hal ini Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  akan membantu anda memberikan wawasan mengenai inovasi dan perubahan organisasi pelayanan kesehatan.

Rumah sakit dan puskesmas merupakan salah satu contoh organisasi pelayanan kesehatan yang sangat diharapkan dapat memberikan pelayanan secara berkualitas kepada publik yang membutuhkan.

Seperti telah diuraikan di atas, bahwa organisasi pelayanan kesehatan, seperti Rumah Sakit dan Puskesmas merupakan salah satu jenis organisasi yang sangat dirasakan oleh masyarakat umum.

Organisasi pelayanan kesehatan merupakan suatu organisasi yang digerakkan dalam bidang melayani kesehatan. Dengan berbagai tujuan yang ada akan dibentuk sutu model pengupayaan untuk tercapainya suatu tujuan tersebut.

Perubahan organisasi menurut para ahli yang lebih mengacu pada kesehatan tentu saja akan mengutamakan paradigma sehat sebagai pembangunan kesehatan yang lebih memadai. Dengan adanya perubahan yang ada tentu saja akan mempengaruhi beberapa perubahan yang ada dalam konsep kesehatan meliputi:

  1. Pembangunan kesehatan dilakukan dnegan berbagai upaya meliputi kuratif dan rehabilitatif, menjadi lebih fokus pada upaya preventif dan kuratif tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif,
  2. Pelaksanaan kesehatan berdasarkan pemilihan yang sesuai
  3. Pembangunan kesehatan bersifat otonomi daerah
  4. Pengelolahan kesehatan banyak dilakukan oleh mitra

Untuk itu, agar organisasi pelayanan kesehatan dalam hal ini rumah sakit dan puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal, perlu melakukan perubahan atau reformasi. Soedarmono Soejitno (2001) mengemukakan bahwa terdapat lima hal penting yang perlu diantisipasi dalam melakukan perubahan suatu organisasi atau lembaga, yaitu :

  1. Masa depan akan sangat berbeda dengan masa kini
  2. Perlu adanya visi yang dapat memberikan pedoman bagi segala upaya di masa depan
  3. Perlu perubahan tata nilai yang akan dianut oleh organisasi di masa depan
  4. Perlu strategi yang konkret untuk mewujudkan perubahan
  5. Perlu bentuk dan struktur baru organisasi di masa depan

Demikian artikel yang membahas mengenai Organisasi Pelayanan Kesehatan, Paradigma Sehat, Reformasi Pelayanan Kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan unruk refrensi anda.