Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Novel Ular Keempat Karya Gus TF Sakai (Tinjauan Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan)

Latar Belakang Masalah Kajian Sosiologi dan Nilai Pendidikan Pada Novel

Dikembangkan alasan secara rinci dilakukan penelitian ini adalah:

  1. Novel Ular Keempat mempunyai banyak keistimewaan, salah satunya adalah mengajarkan tentang nilai-nilai pendidikan yang kompleks dan menarik untuk dikaji;
  2. Sepanjang pengetahuan penulis novel Ular Keempat belum pernah diteliti dengan pendekatan sosiologi sastra;
  3. Analisis terhadap novel Ular Keempat diperlukan guna menentukan kontribusi pemikiran dalam memahami masalah-masalah nilai pendidikan di masyarakat.

Berdasarkan alasan-alasan di atas, penulis tertarik untuk menganalisis novel Ular Keempat karya Gus TF Sakai dengan judul: ”Novel Ular Keempat Karya Gus TF Sakai (Tinjauan Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan).

Perumusan Masalah

  1. Bagaimanakah relevansi novel Ular Keempat karya Gus TF Sakai dengan situasi sosiologi pengarang dalam unsur sosial karya tersebut?
  2. Bagaimanakah situasi sosiologi yang ditampilkan dalam novel Ular Keempat karya Gus TF Sakai?
  3. Bagaimanakah nilai pendidikan dalam novel Ular Keempat karya Gus TF Sakai?

Landasan Teori

  1. Pengertian Sosiologi Sastra

Sosiologi sastra adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hidup dan kehidupan manusia dalam masyarakat yang diwujudkan dalam karya dengan menggunakan bahasa sebagai mediumnya (Wellek dan Austin, 1993: 68).

  1. Nilai-nilai Pendidikan Sosiologi Sastra

Nilai adalah segala sesuatu yang menarik bagi manusia sebagai subjek. Suleman (1995: 40) berpendapat bahwa pendidikan sebagai keseluruhan yang kompleks berhubungan dengan akal budi dalam kehidupan seseorang yang menekankan pada tiga unsur (akal, perasaan, dan kehendak) secara bersamaan sehingga individu dapat membedakan perbuatan baik dan buruk. Berkaitan dengan moral dan macam budaya tersebut, maka macam pendidikan moral dapat masuk dalam 5 kelompok tersebut dengan penjelasannya sebagai berikut.

  • Nilai Pendidikan Bidang Religius atau Agama
  • Nilai Pendidikan Bidang Ilmu Pengetahuan
  • Nilai Pendidikan Bidang Sosial
  • Nilai Pendidikan Bidang Ekonom
  • Nilai Pendidikan Bidang Politik
  • Nilai Pendidikan Budaya

Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologis.

Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat yang terdapat dalam novel Ular Keempat karya Gus TF Sakai, diterbitkan oleh Kompas, Jakarta, tahun terbit 2005 dengan tebal 196 halaman.

Teknik pengumpulan data menggunakan metode pustaka.

Uji validasi melalui triangulasi teori.

Analisis data secara heuristik dan hermeneutik dilanjutkan dengan analisis interaktif.

Simpulan

  1. Relevansi Novel Ular Keempat Karya Gus TF Sakai dengan Situasi Sosiologi

Pengarang dalam Unsur Sosial Pandangan Gus TF Sakai terhadap novel Ular Keempat, merupakan gambaran kehidupan yang percaya kepada Tuhan. Keyakinan kepada Tuhan yang terdapat pada seorang individu akan berpengaruh terhadap perilaku individu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Agama sebagai wujud ajaran keyakinan kepada Tuhan memuat ajaran yang penting dilakukan dan ajaran yang dilarang, dengan melakukan tindakan sesuai ajaran agama dapat mempengaruhi perilaku individu pada perbuatan baik dan buruk.

  1. Situasi Sosiologis yang Ditampilkan dalam Novel Ular Keempat Karya Gus Tf Sakai
  • Kesejatian dalam beragama

Novel yang mengangkat fakta sejarah mengenai kisruh perjalanan haji tahun 1970 sebagai latar cerita. Secara konvensional, urutan peristiwa disusun kronologis. Di antara itu, pengarang memanfaatkan tokoh utama untuk memasukkan alam pikiran bawah sadar berjalin kalidah dan dengan mitos, dan halusinasi.

  • Kesejatian hidup orang secara individual

Ular keempat menceriterakan sifat tokoh utama (Janir) yang individualistis, yang tidak ingat siapa pun, hanya ingat kehormatan diri sendiri, kemajuan diri pribadi, kemakmuran sendiri-sendiri. Janir menumpuk uang untuk berhaji dan dilakukan berkali-kali. Janir melupakan induk semangnya, tetangganya yang papa, para fakir, kaum duafa. Sosok Janir merefleksikan mengelabangnya individualitas dan ketamakan mengejar kehormatan diri pribadi

  1. Nilai Pendidikan dengan Tinjauan Sosiologis dalam Novel Ular Keempat Karya Gus TF Sakai
  • Nilai Pendidikan Ilmu Pengetahuan
  • Nilai Pendidikan Religius atau Agama
  • Nilai Pendidikan Sosial
  • Nilai Pendidikan Ekonomi
  • Nilai Pendidikan Politik
  • Nilai Pendidikan Budaya