Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan

Latar Belakang Masalah Mengkaji Novel Karya Ahmad Fuadi

Sosok Ahmad Fuadi adalah salah satu pengarang dari Sumatra. Ia adalah mantan wartawan TEMPO dan VOA, penerima delapan beasiswa luar negeri, dan penyuka fotografi. Pernah tinggal di Kanada, Singapura, Amerika Serikat, dan Ingris. Alumni pondok moderen Gontor. Novel pertamanya yang berjudul Negeri 5 Menara telah mendapat penghargaan dan pengakuan di hati masyarakat.

Atas dasar uraian di atas dapat di jelaskan alasan dalam pemilihan judul, antara lain:

  1. Penulis novel ini merupakan penulis terfavorit, anugrah pembaca Indonesia 2010
  2.  Novel Ranah 3 Warna banyak menggugah hati pembaca sehingga sebagian royalti trilogi ini untuk membangun komunitas menara, sebuah yayasan sosial untuk membantu pendidikan orang yang tidak mampu, yang berbasiskan sukarelawan
  3.  Novel ini menceritakan seseorang lulusan dari pesantren tetapi juga memiliki kemauan keras untuk merambah kesetaraan pendidikan negri bahkan sampai ke luar negeri

Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah struktur novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi?
  2. Bagaimanakah aspek-aspek psikologi watak tokoh dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi?
  3. Bagaimanakah nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi?

Kajian Teori, Penelitian Yang Relevan, Dan Kerangka Berpikir

  • Pengertian Psikologi Sastra

Psikologi sastra adalah model penelitian interdisiplin dengan menetapkan karya sastra sebagai memiliki posisi lebih dominan (Nyoman Kutha Ratna, 2004: 349).

  • Metode Penelitian Psikologi Sastra

Metode atau langkah kerja pada pendekatan psikologis menurut Semi dalam Suwardi Endraswara (1993: 80-81). Langkah kerja yang akan menuntun fokus penelitian psikologi sastra adalah sebagai berikut:

  1. Pendekatan psikologis menekankan analisis terhadap keseluruhan karya sastra, baik segi intrinsik maupun segi ekstrinsik.
  2. Segi ekstrinsik yang dipentingkan untuk dibahas adalah mengenai pengarang yang menyangkut masalah kejiwaannya, cita-cita, keinginan, falsafah hidup, obsesi, dan lain-lain.
  • Hakikat Nilai

Nilai ialah gagasan yang berpegang pada suatu kelompok individu dan menandakan pilihan di dalam situasi. Jenis-jenis yang digolongkan sebagai nilai-nilai, yakni:

  1. Nilai pendidikan
  2. Nilai sosial
  3. Nilai politik
  4. Nilai ekonomi
  5. Nilai biologis

Metodelogi Penelitian

Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan strukturalisme dan aspek psikologi watak dengan metode deskriptif kualitatif dan strategi content analysis (analisis isi).

Hasil dari kegiatan tersebut dideskripsikan dalam bentuk kalimat-kalimat. Penelitian dilaksanakan selama lebih kurang lima bulan, yaitu bulan Oktober 2011 sampai dengan bulan Maret 2012.

Sumber data dalam penelitian ini adalah:

  1.  Teks, yaitu novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi yang diterbitkan oleh penerbit PT Gramedia Pustaka Utama pada bulan Januari 2011
  2.  Catatan lapangan yang terdiri dua bagian, yaitu bagian deskripsi dan bagian refleksi. Bagian deskripsi merupakan usaha untuk merumuskan objek yang sedang diteliti, sedangkan bagian refleksi merupakan renungan pada saat penelaahan
  3.  Buku-buku literatur yang relevan.Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan metode telaah

Simpulan

  • Struktur Novel Ranah 3 Warna

Struktur naratif novel Ranah 3 Warna dapat dikaji dari segi tema, peristiwa, plot atau alur, penokohan/ perwatakan, latar, sudut pandang, setting, dan amanat.

  • Aspek Psikologi Watak Tokoh

Aspek psikologi watak yang terdapat dalam novel Ranah 3 Warna meliputi;

  1. Kebutuhan fisiologi
  2. Kebutuhan rasa aman
  3. Kebutuhan dicinta atau disayangi
  4. Kebutuhan harga diri
  5. Kebutuhan aktualisasi diri. Seluruh aspek-aspek watak tersebut merupakan kondisi psikologi normal setiap individu terutama para tokoh yang ada dalam novel.
  • Nilai Pendidikan

Nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Ranah 3 Warna setidaknya meliputi empat macam, yaitu nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya.

 

Incoming search terms: