Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Manajemen SDM Sektor Publik

SDM Sektor Publik

SDM Sektor Publik

SDM Sektor Publik~ Seperti yang telah dibahas sebelumnya sumber daya manusia (SDM) sangat di butuhkan dalam berbagai sektor, salah satunya sektor publik.

Manusia yang hakikatnya memiliki potensi yang dapat diasah dituntut sebagai sumber daya manusia yang dapat memberikan pengembangan kontribusi positif bagi sektor publik, maupun dirinya sendiri.

Dari ulasan di atas Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  tertarik untuk membahasnya secara lebih lanjut seputar manajemen sumber daya manusia (MSDM)  sektor publik.

Dalam sektor publik, MSDM diartikan sebagai instrumen pendukung bagi proses transformasi organisasi yang merubah input menjadi output yang nantinya akan mempunyai nilai tambah bagi organisasi/ instansi serta masyarakat luas. MSDM sektor publik memusatkan kajiannya pada pencapaian kepuasan masyarakat sebagai customer yang harus dilayani.

Manajemen Pegawai Negeri Sipil perlu diatur secara menyeluruh, dengan menerapkan norma, standar, dan prosedur yang seragam dalam penetapan formasi, pengadaan, pengembangan, penetapan gaji, dan program kesejahteraan serta pemberhentian yang merupakan unsur dalam manajemen Pegawal Negeri Sipil, baik Pegawai Negeri Sipil Pusat maupun Pegawai Negeri Sipil Daerah.

Dengan adanya keseragaman tersebut, diharapkan akan dapat diciptakan kualitas Pegawai Negeri Sipil yang seragam di seluruh  Indonesia. Di samping rnemudahkan penyelenggaraan manajemen kepegawaian, manajemen yang seragam dapat pula mewujudkan keseragaman perlakuan dan jaminan kepastian hukum bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil.

Undang-undang ini menegaskan bahwa untuk menjamin manajemen dan pembinaan karier Pegawai Negeri Sipil, maka jabatan yang ada dalam organisasi pemerintahan baik jabatan struktural maupun jabatan fungsional merupakan jabatan karier yang hanya dapat diisi atau diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil, dan/atau Pegawai Negeri yang telah beralih status sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Pegawai sektor publik dibedakan menjadi:

1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat dan diangkat oleh pejabat negara yang berwenang.

2. Pegawai Honorer

Pegawai honorer adalah pegawai sektor publik yang tidak tetap atau biasa disebut pegawai kontrak.

3. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

PPPK diangkat oleh pejabat negara yang berwenang, yang telah memenuhi syarat dengan perjanjian kerja dalam jangka waktu 12 bulan.

Pegawai Negeri Sipil dibedakan menjadi:

1. Pegawai Negeri Sipil Pusat

Pegawai Negeri Sipil yang gajinya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan bekerja pada Departemen, Lembaga Non Departemen, Kesekretariatan Lembaga tertinggi/Tinggi Negara, dan kepaniteraan pengadilan..

2. Pegawai Negeri Sipil Daerah

Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di daerah otonom seperti daerah provinsi/kabupaten/kota dan gajinya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan dipekerjakan pada pemerintah daerah maupun dipekerjakan di luar instansi induknya.

Demikian artikel yang membahas mengenai Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Pegawai Sektor Publik, Kelompok PNS. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sebagai bahan acuan refrensi.

Artikel Yang Terkait: