Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Manajemen SDM Berbasis Kompetensi

SDM Berbasis Kompetensi

SDM Berbasis Kompetensi

SDM Berbasis Kompetensi~Dalam melaksanakan tugasnya sumber daya manusia dituntut kompeten, agar semua tugas terlaksana dengan objektif, terstruktur, dan berjalan dengan lancar.

Fungsi dasar dari manajemen sumber daya manusia yaitu perencanaan akan berfungsi dengan baik jika dapat bermanfaat untuk individu dan dalam pelaksanaan kegiatan memiliki performa yang kualitas.

Dalam menginterprestasikan segala macam kompetensi yang ada tentu saja akan lebih memiliki peforma yang sangat dipengaruhi oleh individu lainnya.

Sebagai contoh, misalnya seseorang yang baru menjadi karyawan suatu perusahaan akan mendapatkan spesifikasi tentang pekerjaannya atau yang lebih sering disebut dengan job describtion.

Spesifikasi jabatan dikembangkan sedemikian rupa yang pada umumnya menganut  dengan berbagai informasi yang berhubungan dengan:

  1. kebutuhan pendidikan formal,
  2. pengalaman mengikuti pelatihan, dan
  3. pengalaman menduduki posisi jabatan.

Dari pekerjaan yang telah dilakuakn oleh sumber daya manusia tentu saja akan memperlihatkan suatu kemampuan dasar yaitu kompetensi dari sumber daya manusia itu sendiri.

Secara umum kompetensi sumber daya mansia dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu kompetensi manajerial, dan kompetensi teknis.

Kompetensi manajerial merupakan suatu kompetensi yang berkaitan erat dengan kemampuan untuk mengolah karyawan serta membangun berbagai interaksi dengan orang lain.

Sedangkan kompetensi teknis merupakan kompetensi yang berkaitan erat dengan seluk beluk teknis dalam menekuni suatu pekerjaan tertentu.

Sehingga dari sini dapat dijelaskan bahwa inti dari manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi adalah kompetensi yang dimiliki oleh sumber daya manusia itu sendiri. Dengan kata lain MSDMBK merupakan suatu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengendalian aktivitas tenaga kerja berdasakan kompetensi yang ada untuk mencapai suatu tujuan tertentu daam organisasi maupun perusahaan.

dari kompetensi sendiri juga memiliki beberapa tahapan yang digunakan sebagai acuan. Adapun tahapan yang ada dalam kompetensi meliputi:

  1. Review visi, misi dan value organisasi.
  2. Telaah strategy bersaing organisasi.
  3. Identifikasi posisi.
  4. Analisis pekerjaan dan kegiatan.
  5. Identifikasi secara detail sebagai kebutuhan awal.
  6. Identifikasi kompetensi yang dibutuhkan untuk suatu posisi.

Demikian artikel yang membahas mengenai MSDM Berbasis Kompetensi, Macam-macam Kompetensi, Tahapan Kompetensi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sebagai bahan acuan untuk refrensi.

Artikel Yang Terkait:

Incoming search terms: