Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Motivasi Kerja, Masa Kerja, dan Kesejahteraan terhadap Profesionalisme Guru SD

Judul Tesis : Mengkaji Hubungan Motivasi Kerja, Masa Kerja, dan Kesejahteraan terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang

 

A. Latar Belakang Masalah

Profesionalis guru telah banyak dilakukan, namun pelaksanaannya masih  dihadapkan pada berbagai kendala, baik di lingkungan depdiknas, maupun di lembaga pencetak guru. Kendala yang melekat di Depdiknas misalnya, adanya gejala kekurangseriusan dalam menangani permasalahaan pendidikan, seperti juga menangani masalah guru. Gejala tersebut antara lain adanya ketidaksinambungan antara berbagai program peningkatan kualitas pendidikan dan kualitas guru yang ditangani oleh berbagai direktorat di lingkungan depdiknas, serta adanya fokus dalam peningkatan kualitas guru, sehingga terkesan berputar-putar di tempat (Mulyasa, 2008: 7)

Dari uraian di atas, maka dalam penelitian ini akan mengkaji hubungan motivasi kerja, masa kerja, dan kesejahteraan terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang?
  2. Apakah terdapat hubungan antara masa kerja dengan profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang?
  3. Apakah terdapat hubungan antara kesejahteraan guru dengan profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang?
  4. Apakah terdapat hubungan antara motivasi kerja, masa kerja, dan kesejahteraan guru dengan profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.
  2. Untuk mengetahui adanya hubungan antara masa kerja dengan profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.
  3. Untuk mengetahui adanya hubungan antara kesejahteraan guru dengan profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.
  4. Untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi kerja, masa kerja, dan kesejahteraan guru dengan profesionalisme guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.

 

D. Kesimpulan

1. Terdapat hubungan positif variabel motivasi kerja guru dengan profesionalisme guru teruji kebenarannya. Hal ini berarti semakin baik motivasi kerja guru, akan semakin tinggi pula profesionalisme guru.

2. Terdapat hubungan positif variabel masa kerja guru dengan variabel profesionalisme guru teruji kebenarannya. Hal ini berarti semakin tinggi masa kerja guru, akan semakin tinggi pula profesionalisme guru.

3. Semakin tinggi kesejahteraan guru, akan semakin tinggi pula profesionalisme guru. Hubungan Motivasi kerja, Masa kerja, dan kesejahteraan guru dengan Profesionalisme guru

4. Koefisien korelasi jamak yang diperoleh dalam penelitian ini signifikan. Hipotesis yang mengatakan bahwa terdapat hubungan positif motivasi kerja, masa kerja, dan kesejahteraan guru secara bersama dengan profesionalisme guru, teruji kebenarannya.

 

E. Saran

Disarankan agar pemerintah memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan motivasi guru seperti peningkatan gaji, perbaikan kondisi kerja dan lingkungan kerja, pemberian penghargaan bagi guru yang berprestasi, menempatkan guru sesuai dengan pendidikan dan keahlian yang dimiliki, serta memberikan insentif dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup guru.

Selain itu disarankan agar guru yang memiliki masa kerja lebih lama diberi kesempatan untuk memangku jabatan yang lebih tinggi, misalnya pengangkatan kepala sekolah, pengawas, dan jabatan lainnya. Hal ini agar guru yang lebih senior merasa mendapat penghargaan, dan hal ini akan menimbulkan motivasi bagi guru-guru muda.