Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Motivasi Belajar Sejarah dgn Wawasan Kebangsaan pada Siswa

Judul Skripsi : Hubungan Pemahaman Sejarah Kebangkitan Nasional Indonesia dan Motivasi Belajar Sejarah dengan Wawasan Kebangsaan pada Siswa Kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Karanganyar Tahun 2010/2011

 

A. Latar Belakang Masalah Skripsi

Motivasi mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Motivasi yang tinggi memudahkan siswa memahami kandungan nilai-nilai kebangkitan nasional, dan dapat menjadi sarana dalam meningkatkan wawasan kebangsaan maka perlu ditransformasikan kepada para siswa, melalui proses pembelajaran mata pelajaran Sejarah. Sejalan dengan itu bahwa Mata pelajaran Sejarah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

  1. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan;
  2. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan;
  3. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau;
  4. Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang;
  5. Menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air yang dapat internasional (GBPP Mata Pelajaran Sejarah, 2006 : 125).

Berdasarkan uraian diatas, maka penulis merasa perlu melakukan penelitian tentang “Hubungan Pemahaman Sejarah Kebangkitan Nasional Indonesia dan Motivasi Belajar Sejarah dengan Wawasan Kebangsaan Pada Siswa Kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Karanganyar Tahun 2010/2011”.

 

B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup 3 (tiga) variabel, yaitu :

  1. Apakah ada hubungan antara pemahaman sejarah kebangkitan nasional Indonesia dan wawasan kebangsaan?
  2. Apakah ada hubungan antara motivasi belajar Sejarah dan wawasan kebangsaan siswa?
  3. Apakah ada hubungan antara pemahaman sejarah kebangkitan nasional Indonesia dan motivasi belajar Sejarah secara bersama-sama dengan wawasan kebangsaan?

 

C. Tujuan Penelitian

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman sejarah kebangkitan nasional dan motivasi belajar mata pelajaran sejarah dengan wawasan kebangsaan pada siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Kabupaten Karanganyar. Sementara itu, tujuan khusus penelitian dapat dirinci, sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui ada hubungan antara pemahaman sejarah kebangkitan nasional Indonesia dengan wawasan kebangsaan.
  2. Untuk mengetahui ada hubungan antara motivasi belajar Sejarah dengan wawasan kebangsaan siswa.
  3. Untuk mengetahui ada hubungan antara pemahaman sejarah kebangkitan nasional dan motivasi belajar Sejarah dengan wawasan kebangsaan.

 

D. Simpulan

Berdasarkan hasil analisis data pada Bab IV, dapat ditarik simpulan pada hasil penelitian sebagai berikut:

1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman sejarah kebangkitan nasional dan wawasan kebangsaan. Artinya makin baik pemahaman sejarah kebangkitan nasional siswa, makin baik pula wawasan kebangsaan mereka.

2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar sejarah dan wawasan kebangsaan. Artinya makin positif motivasi belajar sejarah siswa, makin baik pula wawasan kebangsaan mereka.

3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman sejarah kebangkitan nasional dan motivasi belajar sejarah secara bersama-sama dengan wawasan kebangsaan. Artinya makin baik pemahaman sejarah kebangkitan nasional dan motivasi belajar sejarah siswa, makin baik pula wawasan kebangsaan mereka.