Metode Quantum Learning

Metode Quantum Learning – Pendekatan quantum merupakan salah satu pendekatan yang dilakukan dengan adanya penggubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar situasi belajar. Interaksi-interaksi ini mencakup unsur-unsur belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan belajar siswa. Interaksi- interaksi antar masing-masing komponen pendidikan akan mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi kesuksesan belajar yang bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya.

Model pembelajaran quantum learning dalam pembelajaran mendasarkan pada pengkondisian kognisi dalam konteks dunia nyata. Menurut Sri Anitah, W dan Noerhadi, Th pengkondisian dalam konteks dunia nyata diartikan bahwa;

  1. Tugas tidak terpisah-pisah, namun merupakan bagian dari konteks yang lebih luas. Guru berperan menciptakan lingkungan yang menunjukkan konteks yang lebih luas yang relevan dengan masalah yang dihadapi,
  2. Keriilan konteks lebih banyak mengacu pada tugas-tugas siswa berdasarkan informasi dan lingkungan sekitar,
  3. Konteks lingkungan sangat penting.

Konsep esensial dalam paradigma model quantum learning adalah bahwa informasi tidak dapat diingat secara independen atau keseluruhan yang abstrak, namun informasi melekat pada konteks lingkungan. Secara kualitatif lingkungan sekolah berbeda dengan lingkungan dunia nyata. Pengembangan lingkungan belajar yang mampu merangsang dan meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembentukan pengertian dan konsep, menjadi kebutuhan yang sangat penting.

Pendekatan quantum teaching pada hakekatnya pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan secara luas dan menyenangkan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Agar siswa berperan aktif dalam pembelajaran harus diciptakan suasana yang menggairahkan dengan menyajikan materi pelajaran yang bersifat menantang, mengesankan dan dapat menumbuhkan/meningkatkan daya kreatif.

Faktor yang mendukung penerapan model quantum learning dalam pembelajaran antara lain lingkungan yang positif, suasana yang nyaman dengan musik latar dan keyakinan siswa dalam belajar.

Incoming search terms: