Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Pencapaian Kompetensi Senam Nifas

Judul Skripsi : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (Video dan Flipchart) dan Motivasi Belajar Terhadap Pencapaian Kompetensi Senam Nifas pada Mahasiswa Semester III Akes Karya Husada

 

A. Latar Belakang Skripsi

Menurut pendapat Mulyana dan Leong (2009) dalam pengembangan media pembelajaran, baik untuk pendidikan formal atau pendidikan non formal, kurikulum yang berlaku merupakan acuan utama yang harus diperhatikan. Namun kurikulum tidak menyatakan dengan tegas atau belum mencantumkan jenis media pembelajaran pendukung yang boleh maupun yang tidak boleh digunakan dalam proses pembelajaran. Padahal media pembelajaran diyakini sebagai salah satu bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran itu sendiri.

Oleh karena itu dosen harus pandai memilih media pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat menumbuhkan motivasi mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Kondisi saat ini masih banyak dosen yang menggunakan media pembelajaran sederhana yang kurang menarik motivasi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga akan mempengaruhi prestasi terutama pencapaian kompetensi mahasiswa. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang, penggunaan media pembelajaran yang baik dan sesuai sangat diharapkan untuk meningkatkan prestasi belajar, karena penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu efektifitas proses pembelajaran dalam penyampaian pesan dan isi pembelajaran sehingga meningkatkan pemahaman mahasiswa. Meskipun sudah ada Prosedur Operasional Standar ketrampilan mahasiswa dalam praktik senam nifas masih rendah oleh karena itu didalam penelitian ini akan diujicobakan media pembelajaran berupa video dan flipchart senam nifas sesuai dengan buku teks dan sesuai dengan prosedur senam nifas.

 

B. Rumusan Masalah

  1. pencapaian kompetensi senam nifas pada mahasiswa semester III di Prodi DIII Kebidanan Akademi Kesehatan Karya Husada?
  2. Adakah perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap kompetensi senam nifas pada mahasiswa semester III di Prodi DIII Kebidanan Akademi Kesehatan Karya Husada?
  3. Adakah interaksi pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kompetensi senam nifas pada mahasiswa semester III di Prodi DIII Kebidanan Akademi Kesehatan Karya Husada?

 

C. Tujuan Penelitian

1. Tujuan Umum

Mengukur pengaruh penggunaan media pembelajaran (video dan flipchart) dan motivasi belajar terhadap pencapaian kompetensi senam nifas pada mahasiswa semester III di Prodi D III Kebidanan Akademi Kesehatan Karya Husada.

2. Tujuan Khusus

  • Mengukur perbedaan pengaruh penggunaan video dan flipchart terhadap pencapaian kompetensi senam nifas.
  • Mengukur perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap pencapaian kompetensi senam nifas.
  • Mengukur interaksi pengaruh penggunaaan media pembelaran dan motivasi belajar senam nifas terhadap pencapaian kompetensi senam nifas .

 

D. Kesimpulan

1. Tidak terdapat perbedaan pengaruh penggunaan video dan flipchart terhadap pencapaian kompetensi senam nifas.

2. Tidak terdapat perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap pencapaian kompetensi senam nifas.

3. Tidak terdapat interaksi antara media dan motivasi terhadap pencapaian kompetensi senam nifas.

 

E. Saran

1. Bagi institusi

Diharapkan dapat menjadi wacana atau bahan masukan untuk terus memperbaiki proses pembelajaran terutama adalah pembelajaran dalam aspek psikomotor. Dalam aspek psikomotor diperlukan adanya sarana penunjang pembelajaran yang dapat digunakan mahasiswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa.

2. Bagi peneliti selanjutnya

Dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan penelitian yang akan datang dengan jangka waktu yang cukup lama serta memasukkan variabel-variabel yang dalam penelitian ini masih belum dikendalikan sehingga akan melengkapi segala kekurangan dalam penelitian ini.