Kooperatif NHT Modifikasi pada Pembelajaran Matematika dari Aktivitas Belajar Siswa

Judul Skripsi : Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Modifikasi pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri di Gunung Kidul

 

A. Latar Belakang Skripsi

Memodifikasi model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together adalah pada saat diskusi kelompok ada kemungkinan suatu kelompok hanya dapat menjawab sebagian tugas yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu dilakukan pembagian tugas untuk menjawab LKS atau soal yang diberikan oleh guru. Misalkan siswa nomor satu bertugas menjawab soal nomor 1. Siswa nomor dua mengerjakan soal nomor 2 dan siswa nomor tiga mengerjakan soal nomor 3 dan seterusnya, sehingga modifikasi langkah yang kedua (guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya) menjadi (penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai).

Siswa dengan nomor yang sama dari kelompok yang berbeda akan menjawab tugas atau soal yang sama dari guru. Pada kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka jika mereka membentuk kelompok diskusi yang baru dengan nomor yang sama. Sehingga modifikasi sintak yang ketiga (kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui jawabannya) menjadi (guru menyuruh siswa kerja sama antar kelompok kemudian kembali pada kelompoknya dan mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui jawabannya).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Manakah yang lebih baik prestasi belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together Modifikasi atau prestasi belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together?
  2. Manakah yang lebih baik prestasi belajarnya, siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui manakah yang lebih baik prestasi belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together Modifikasi atau prestasi belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together.
  2. Untuk mengetahui manakah yang lebih baik prestasi belajarnya, siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah.

 

D. Kesimpulan

1. Prestasi belajar pada siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together Modifikasi lebih baik jika dibandingkan dengan prestasi belajar pada siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together.

2. Siswa yang mempunyai aktivitas belajar lebih tinggi mempunyai prestasi belajar lebih baik dari pada siswa yang mempunyai aktivitas belajar lebih rendah. Hal ini dapat dijabarkan sebagai berikut: Prestasi belajar siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih baik jika dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang memiliki aktivitas belajar sedang. Prestasi belajar siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi lebih baik jika dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah. Prestasi belajar siswa yang mempunyai aktivitas belajar sedang lebih baik jika dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah.