Konsep Diri, Efikasi Diri, dan Sikap Ilmiah dgn Prestasi Belajar Mahasiswa

Judul Skripsi : Hubungan Antara Konsep Diri, Efikasi Diri, dan Sikap Ilmiah dengan Prestasi Belajar Mahasiswa

A. Latar Belakang Masalah

Ketiadaan konsep diri positif dan keyakinan akan kemampuan diri, serta ketiadaan sikap ilmiah adalah disebabkan oleh banyak faktor . Faktor-faktor penyebab antara lain lemahnya kemampuan ekonomi, beban akademik yang terlalu berat, terbatasnya kemampuan dan ketrampilan untuk menggunakan fasilitas dan sumber belajar yang tersedia, keinginan meraih nilai tinggi dengan cara yang mudah, program studi yang ditekuni dianggap tidak prospektif karena terbatasnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Kondisi yang tidak ideal ini menimbulkan ketegangan psikologis dalam diri mahasiswa. Mereka mengalami disequilibrium kognitif dan afektif. Sebagai organisme yang sangat membutuhkan keseimbangan atau kondisi equilibrium, mahasiswa berusaha meredahkan ketegangan dengan cara mencari kompensasi.

Perilaku kompensasi yang diperlihatkan antara lain menerima materi perkuliahan secara pasif, ketiadaan arousal dan motivasi, menghilangnya sikap kritis dan rasa ingin tahu, enggan mencatat dan mengorganisasikan catatan kuliah, tidak ada inisiatif memperluas materi secara mandiri melalui studi pustaka, sedikit sekali yang terlibat dalam kegiatan penelitian. Dalam menyelesaikan tugas terstruktur dan mandiri  bergantung pada teman. Gejala yang paling memprihatinkan adalah tidak jujur dalam mengerjakan tugas-tugas dan ujian.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan yang positif dan siginfikan antara konsep diri dengan prestasi belajar?
  2. Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar?
  3. Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah dan prestasi belajar?
  4. Apakah konsep diri, efikasi diri dan sikap ilmiah secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar mahasiswa.
  2. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar mahasiswa.
  3. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah dengan prestasi belajar mahasiswa.
  4. Untuk mengetahui tingkat hubungan secara bersama antara konsep diri, efikasi diri dan sikap ilmiah dengan prestasi belajar mahasiswa.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan terhadap mahasiswa semester VI program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas Slamet Riyadi Surakarta tahun akademik 2009/2010 dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Konsp Diri dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa terbukti dari hasil uji hipotesis yang memperlihatkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri mahasiswa dengan prestasi belajar atau indeks prestasi kumulatif (IPK). Hal ini dapat diterima karena r hitung > r tabel ( 0,607 > 0,244 ) pada taraf signifikansi 0,05 dengan N sejumlah 67.
  2. Efikasi Diri dapat meningkatkan presasi belajar mahasiswa terbukti dari hasil uji hipotesis yang memperlihatkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri mahasiswa dengan prestasi belajar atau indeks prestasi kumulatif (IPK). Hal ini dapat diterima karena r hitung > r tabel ( 0,652 > 0,244 ) pada taraf signifikansi 0,05 dengan N sejumlah 67.