Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Definisi Kompetensi Menurut Spencer

Kompetensi Spencer

Kompetensi Spencer

Kompetensi Spencer~ Di dalam diri kita telah disadari bahwasannya terdapat sebuah kemampuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Kemampuan tersebut berbentuk kemampuan fisik dan kemapuan pikir, keduanya telah dimiliki masing-masing individu. Meskipun individu satu dengan individu lain memiliki kadar daya fisik dan pikir yang berbeda, jika terus menerus diasah akan menghasilkan sebuah kemapuan yang lebih optimal.

Kemampuan yang telah diuraikan di atas lebih sering disebut dengan kompetensi. Banyak  pihak yang mendefinisikannya secara berbeda mengenai pengertian dari kompetensi tersebut.

Dalam menanggapi hal ini Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  akan memberikan wawasan tambahan mengenai pengertian dari kompetensi yang dipaparkan oleh Spencer.

Spencer mendefinisikan kompetnsi lebih pada karakteristik yang telah ditunjukkan seseorang berupa perilaku, konsep diri, nilai-nilai, pengetahuan, serta keahlian yang telah ia miliki.

Dalam hal ini spencer juga mengemukakan bahwa kompetensi juga memiliki lima karakteristik yang dijadikan suatu acuan penilaian. Adapun lima karakteristik dari kompetensi ialah:

  1. Motif
  2. Faktor bawaan
  3. Konsep diri
  4. Pengetahuan

Yang  disebut faktor bawaan ialah suatu kemampuan yang ada dalam diri tiap individu berdasarkan respon serta konsisten diri. Sedangkan pada konsep diri diketahui banyak tentang diri sendiri dalam kata lain gambaran yang ada pada diri sudah dipahami dengan jelas.

Dari ulasan di atas dapat memiliki makna bahwa kompetensi merupakan suatu hal yang ada pada diri sendiri berupa karakter serta kinerja ayang ada dalam situasi tertentu.

Kompetensi dikatakan sebagai suatu kemampuan dasar karena dari situ karakteristik individu dipergunakan sebagi alat untuk memprediksi berbagai situasi tertentu.

Spencer juga membedakan kompetensi dalam dua kategori. Menurut Spencer and Spencer kompetensi meliputi:

  1. Kompetensi dasar (Threshold Competency, dan
  2. Kompetensi pembeda (differentiating Competency).

Threshold competencies merupakan karakteristik umum yang ada pada individu yang digunakan untuk meningkatkan kinerja seseorang.

Sedangkan Differentiating competencies merupakan suatu faktor-faktor yang ada untuk membedakan individu yang mampu memiliki kinerja yang tinggi

Demikian artikel yang berisi tentang Kompetensi, Karakteristik Perilaku Kompetensi, Karakteristik Pembentuk Kompetensi, Pembagian Kompetensi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda sebagai bahan acuan refrensi.

Artikel Yang Terkait:

Incoming search terms: