Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Definisi Kompetensi Sosial Menurut Para Ahli

Kompetensi Sosial

Kompetensi Sosial

Kompetensi Sosial~ Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja kita tidak dapat hidup dengan sendiri. Hal ini sesuai dengan pernyataan  bahwa manusia merupakan makhluk sosial.

Saat kita berinteraksi dengan orang lain, secara tidak sadar hal  tersebut menunjukkan bahwa kita memiliki sebuah kemampuan sosial. Kemampuan sosial tadi juga bermanfaat sebagai sarana penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitar.

Kemampuan sosial yang diuraiakan di atas lebih dikenal dengan komptensi sosial. Namun, sayang sekali banyak pihak yang beranggapan bahwa kemampuan sosial hanya sekedar digunakan untuk media interaksi saja.

Hal tersebut bisa dikarenakan kurang pahamnya sesorang terhadap pengertian dari kompetensi sosial tadi. Oleh karenanya  Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  dalam artikel kali ini akan membahasa menganai pengertian dari kompetensi sosial.

Secara umum kompetensi sosial ialah kemampuan individu untuk berinteraksi dengan individu lain yang nantinya akan menghasilkan suatu hubungan komunikasi.

Dari pengertian di atas, mengundang para ahli untuk memaparkan pendapatnya mengenai kompetensi sosial, meliputi:

  1. Adam berpendapat bahwa kompetensi sosial merupakan kemampuan yang memiliki hubungan erta dengan ata cara seseorang untuk memampu menyesuaikan diri dari lingkungannya.
  2. Leahly menyumbang pendapatnya dengan ungkapannya yaitu kompetensi sosial merupakan suatu jenis kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak sejak lahir.
  3. Waters mengungkapkan bahwa kompetnsi sosial merupakan ajakan yang ada dalam lingkungan sehari-hari untuk berinteraksi merespon teman-teman serta memberikan perhatiannya dengan cara yang khusus.

Berkaitan dengan tujan yang ada pada perilaku seorang guru tentu saja kompetensi sosial yang ada pada kepribadiannya haruslah seimbnag. Ia harus mampu memikul tanggung jawab serta kewenangan yang ada pada anak didiknya.

Oleh karena itu, ada beberapa kompetensi sosial yang harus dimiliki oleh guru agar dapat berkomunikasi dan bergaul secara efektif. Yaitu:

  1. Memiliki pengetahuan tentang adat istiadat baik sosial maupun agama
  2. Memiliki pengetahuan tentang budaya dan tradisi
  3. Memiliki pengetahuan tentang inti demokrasi
  4. Memiliki pengetahuan tentang estetika
  5. Memiliki apresiasi dan kesadaran sosial
  6. Memiliki sikap yang benar terhadap pengetahuan dan pekerjaan
  7. Setia terhadap harkat dan martabat manusia

Demikian artikel yang berisi tentang Pegertian Kompetensi sosial, Kompetensi sosial guru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai bahan acuan refrensi anda.

Artikel Yang Terkait: