Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Pengertian Kompetensi Profesional Menurut Para Ahli

Kompetensi Profesional

Kompetensi Profesional

Kompetensi Profesional~Dalam melakukan tugas, ataupun pekerjaan kita telah dituntut  memiliki kemampuan profesional atau potensi profesional. Kemampuan tersebut sebagai sarana penunjang lancarnya sebuah tugas atau pekerjaan yang telah dikerjakan.

Muhibbin menyatakan bahwa profesional merupakan suatu pekerjaan yang mampu diselesaikan dengan baik. Profesional berabri melakukan suatu hal berdasarkan kemapuan yang dimiliki untuk mata pencahariannya.

Kompetensi yang ada dan dapat dinilai profesioanl ketika ia mampu memenuhi tanggung jawabnya dengan baik. Misalnya saja pada seorang guru yang memiliki tenaga profesional untuk mendidik anak didiknya.

Dalam hal ini guru dituntut untuk menjadi tenaga yang profesional dalam memberikan pengetahuannya pada anak didik.

Kompetensi Profesional

Kompetensi Profesional

Sehingga kompetensi profesional guru juga dapat diartikan sebagai kewenangan sekaligus tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang guru untuk menjalankan tugasnya dengan baik.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa kompetensi yang ada pada seseorang tidak tentu menunjukkan orang tersebut profesional dalam melkukan pekerjaan. Karena kompetensi profesional tidak hanya menunjukkan mampu dalam melakuka pekerjaan akan tetapi juga menguasai secara rasional tangung jwab yang sedang ia lakukan dngn konsep serta teori tertentu.

Menurut UU RI No. 14/2005 Pasal 10 ayat 1 dan PP RI No. 19/2005 Pasal 28 ayat 3:

Kompetensi profesional guru diartikan sebagai kebulatan pengetahuan, kete-rampilan, dan sikap yang diwujudkan dalam bentuk tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang yang memangku jabatan guru sebagai profesi.

Kompetensi profesional sangat berkaitan erta dengan kemampuan dalam menguasai meteri pada bidang studi manapun dengan berbagai substansi keilmuan lainnya sebagai guru.

Indikator keberhasilan yang ada pada guru yang memiliki kompetensi profesional dapat diukur dengan indkator esensial, meliputi:

  1. memahami materi ajar yang ada pada kurikulum sekolah.
  2. mampu memahami konsep, struktur, metode keilmuan, koheren materi ajar.
  3. Mampu memahami konsep mata pelajaran tertentu.
  4. Menerapkan segala konsep yang ada pada kehidupan sehari-hari.

Gregory Schraw pernah menyatakan bahwa :

Seorang guru memerlukan waktu 5 sampai 10 tahun atau 10.000 jam untuk menjadi seorang guru yang ahli. Dalam perjalanan yang lama itu, guru harus mengembangkan pembelajaran lebih lanjut dan meningkatkan penguasaan materi. Hal ini menunjukkan bahwa untuk menjadi guru yang ahli (profesional) bukanlah cara yang mudah, tetapi harus melalui perjalanan panjang disertai terus menerus pengembangan diri.

Demikian artikel yang membahas mengenai Kompetensi Profesional, Kompetensi Profesional Guru, Indikator Kompetensi Profesional. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.