Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Definisi Kompetensi Pedagogik Menurut Para Ahli

Kompetensi Pedagogik

Kompetensi Pedagogik

Kompetensi Pedagogik~ guru dalam mendidik tentu tidak turun dengan tangan kosong akan tetapi selalu memiliki bekal sebagai dasar yang akan diberikan kepada anak didiknya.

Hal dasar yang harus dimiliki seorang pendidik ialah kompetensi. Secara umum kompetensi merupakan kemampuan inovasi dari daya fisik dan daya pikir.

Hal tersebut sangat dibutuhkan sehingga dalam pelaksanaan pemberian ilmu seorang pendidik dapat berkontribusi secara maksimal. Namun perlu anda ketahui bahwasannya seorang pendidik juga harus memiliki sebuah kompetensi pedagogik.

Dari ulasan di atas akan lebih jauh dibahas oleh Pusat Tesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Skripsi, Tesis  sehingga wawasan anda dapat bertambah.

Pengertian Kompetensi Pedagogik Menurut Para Ahli

Kompetensi Pedagogik merupakan bagian yang tak terpisahkan dari empat kompetensi utama yang harus dimiliki seorang guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Kompetensi Pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran peserta didik.

Tim Direktorat Profesi Pendidik Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (2006) telah merumuskan secara substantif kompetensi pedagogik yang mencakup kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Kompetensi dapat diartikan sebagai pengetahuan, keterampilam dan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga ia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, efektif dan pskimotorik dengan sebaik-baiknya.

Dari pengertian di atas perlu diketahui juga bahwa banyak para ahli mendefinisikannya dengan cara yang berbeda akan tapi masih dalam satu konteks yang sama. Adapun pengertian dari kompetensi pedagogik dari para ahli diantaranya:

  1. Menurut Prof. Dr. J. Hoogveld (Belanda) pedagogik adalah  ilmu yang mempelajari masalah membimbing anak ke arah tujuan tertentu, yaitu supaya kelak ia “mampu secara mandiri menyelesaikan tugas hidupnya”.
  2. Menurut Suwarno istilah pedagogi berarti pendidikan, yang lebih menekankan kepada praktek, menyangkut kegiatan  mendidik, kegiatan membimbing anak. Pedagogik merupakan suatu teori yang secara teliti, kritis dan objektif mengembangkan konsep-konsepnya mengenai hakekat manusia, hakekat anak, hakekat tujuan pendidikan serta hakekat proses pendidikan.
  3. Menurut Kunandas Pendidikan adalah hidup bersama dalam kesatuan tritunggal ayah – ibu – anak, dimana terjadi pembudayaan anak. Dia berproses untuk akhirnya membudaya sendiri  sebagai  manusia  purnawan. Pendidikan adalah hidup bersama dalam kesatuan tritunggal ayah – ibu – anak, dimana terjadi pelaksanaan nilai-nilai, dengan mana dia berproses untuk akhirnya bisa melaksanakan sendiri sebagai manusia purnawan.

Pedagogik termasuk ilmu yang sifatnya teoritis dan praktis. Oleh karena itu pedagogik banyak berhubungan dengan ilmu-ilmu lain seperti: ilmu sosial, ilmu psikologi, psikologi belajar, metodologi pengajaran, sosiologi, filsafat dan lainya.

Adapun syarat-syarat kompetensi pedagogik ialah, sebagai berikut:

  1. Kedewasaan, Langeveld berpendapat seorang pendidik harus orang dewasa,sebab hubungan antara anak dengan orang yang belum dewasa tidak dapat menciptakan situasi pendidik dalam arti yang sebenarnya.
  2. Identifikasi norma,artinya menjadi satu dengan norma yang disampaikan kepada anak,misalnya pendidikan agama tidak akan berhasil diberikan oleh orang yang sekedar tahu tentang agama tetapi tidak menganut agama yang diajarkan tersebut;di sinilah letak keistimewaan pekerjaan mendidik,dimana mendidik anak itu tidak hanya sekedar persoalan teknis saja menguasai bahan atau cara menyampaikan saja,Tetapi juga persoalan batin dalam arti pendidik harus menjadi satu dengan norma yang disampaikan kepada anak didik.
  3. Identifikasi dengan anak,artinya pendidik dapat menempatkan diri dalam kehidupan anak,hingga usaha pendidikan tidak bertentangan dengan kodrat anak.
  4. Knowledge,mempunyai pengetahuan yang cukup perihal pendidikan
  5. Skill,mempunyai keterampilan mendidik
  6. Attitude,mempunyai sikap jiwa yang positif terhadap pendidikan

Demikian artikel yang membahas mengenai Pengertian Pedagogik, Syarat Pedagogik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Incoming search terms: