Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kinerja Pustakawan dan Motivasi Belajar Siswa

Judul Skripsi : Hubungan Persepsi Siswa terhadap Kinerja Pustakawan dan Motivasi Belajar Siswa dengan Minat Baca di Perpustakaan Siswa SMP Negeri 1 Salatiga

A. Latar Belakang Masalah

Dalam rangka mengemban misi perpustakaan sekolah, guru, pustakawan selaku pengelola perpustakaan sekolah harus berusaha semaksimal mungkin membina kemampuan membaca siswa sehingga pada diri mereka tumbuh rasa senang membaca. Untuk dapat membina kemampuan membaca siswa, guru, pustakawan harus benar-benar memahami seluk beluk membaca, sehingga membaca menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat. Sudah barang tentu pembinaan kemampuan membaca dalam rangka pembinaan dan pengembangan minat baca siswa akan berbeda-beda sesuai dengan tingkatan sekolahnya. Semakin tinggi tingkatan sekolah seseorang akan lebih mampu membaca.

Upaya pengembangan minat baca siswa sangat erat hubungannya dengan keberadaan perpustakaan sekolah. Sekarang ini harus kita akui bahwa minat baca di kalangan siswa masih rendah. Alasan klasik yang sering muncul adalah bahwa membaca belum membudaya di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat pelajar. Para siswa hanya menyempatkan diri berkunjung dan meminjam buku di perpustakaan rata-rata tiap bulannya bervariasi antara 5% – 30%, belum mencapai setengah dari jumlah seluruh siswa yang ada di sekolahan.Perpustakaan sekolah menjadi tidak bermutu dan tidak diminati para siswa (Djunaedi, 2009: 1).

 

B. Perumusan Masalah

  1. Adakah hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kinerja pustakawan dengan minat membaca siswa SMP Negeri1 Salatiga?
  2. Adakah hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan minat membaca siswa SMP Negeri 1 Salatiga?
  3. Adakah hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kinerja pustakawan, dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan minat membaca siswa SMP Negeri 1 Salatiga?

 

C. Tujuan Penelitian Skripsi

  1. Menganalisis hubungan persepsi siswa terhadap kinerja pustakawan dengan minat baca di perpustakaan siswa SMP Negeri 1 Salatiga .
  2. Menganalisis hubungan motivasi belajar siswa dengan minat baca di perpustakaan siswa SMP Negeri 1 Salatiga .
  3. Menganalisis hubungan persepsi siswa terhadap kinerja pustakawan, dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan minat baca di perpustakaan siswa SMP Negeri 1 Salatiga .

 

D. Simpulan

1. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kinerja pustakawan dengan minat membaca siswa SMP Negeri 1 Salatiga.

2. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan minat membaca siswa siswa SMP Negeri 1 Salatiga.

3. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap kinerja pustakawan dan motivasi belajar siswa dengan minat membaca siswa SMP Negeri 1 Salatiga.

 

E. Saran

1. Perlunya ditingkatkan kebijakan kepala sekolah mengenai pengelolaan perpustakaan. Ditingkatkannya kebijakan kepala sekolah dapat meningkatkan minat membaca siswa siswa SMP Negeri 1 Salatiga .

2. Sebagai pustakawan diharapkan meningkatkan kinerjanya, sebab denganmeningkatnya kinerja pustakawan dapat meningkatkan minat membaca siswa SMP Negeri 1 Salatiga .

3. Siswa diharapkan meningkatkan motivasi belajar, sebab dengan meningkatnya motivasi belajar siswa dapat meningkatkan minat membaca siswa SMP Negeri 1 Salatiga sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat pula.

Incoming search terms: