Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Self-Efficacy, Prestasi dan Lingkungan Belajar dengan Kinerja Praktek

Latar Belakang Masalah Pembelajaran Dengan Praktek MahasiswaDi Lapangan Kerja

Kemampuan akademik seorang mahasiswa dapat dilihat dari prestasi akademik mahasiswa yang bersangkutan. Individu yang dapat mencapai prestasi tinggi, cenderung mempunyai wawasan luas, terutama mata kuliah di akademi. Pretasi belajar yang tinggi dapat diartikan bahwa mahasiswa tersebut sudah memiliki dasar ilmu yang baik, sehingga dimungkinkan kinerja praktek mahasiswa yang baik dipengaruhi oleh prestasi belajar atau hasil belajar ketika proses pembelajaran yang sering disebut dengan istilah kapabilitas (Briggs, et al, 2006).

Kinerja Praktek

Kinerja Praktek

Berdasarkan uraian tersebut dengan adanya self-efficacy yang tinggi, prestasi belajar yang tinggi dan lingkungan belajar klinik yang kondusif dapat memberikan energi yang positif sehingga mahasiswa dapat menunjukan kinerja praktek klinik kebidanan I secara optimal dan baik sesuai dengan potensi yang individu miliki, sehingga mereka mampu bersaing di dalam kehidupan global. Yang pada kenyataannya kwalitas sumber daya manusia sangat penting dan menduduki posisi sentral, baik sebagai sarana maupun tujuan pembangunan itu sendiri.

Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan antara self-efficacy dengan kinerja mahasiswa praktek klinik kebidanan I?
  2. Apakah ada hubungan antara prestasi belajar dengan kinerja mahasiswa praktek klinik kebidanan I?
  3. Apakah ada hubungan antara lingkungan belajar klinik dengan kinerja mahasiswa praktek klinik kebidanan I?
  4. Apakah ada hubungan self-efficacy, prestasi belajar, dan lingkungan belajar klinik dengan kinerja praktek klinik kebidanan I mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar?

Tinjauan Pustaka

  1. Pengertian Self-efficacy

Self-efficacy adalah pertimbangan subjektif individu terhadap kemampuannya untuk menyusun tindakan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas khusus yang dihadapi.

  1. Pengertian Prestasi Belajar

Prestasi belajar terdiri dari kata “Prestasi” dan “Belajar”. Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar.

  1. Lingkungan Belajar Klinik

Pembelajaran klinik sangat penting untuk mahasiswa kebidanan. Keberhasilan pembelajaran klinik atau prakek klinik kebidanan dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah lingkungan belajar klinik (clinical learning environment). Lingkungan belajar klinik merupakan salah satu bentuk iklim pembelajaran pada pembelajaran medis (Boor et al, 2008).

Metodelogi

Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan penelitian cross sectional. Sampel terdiri atas 60 mahasiswa semester III Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar, yang melaksanakan praktek klinik kebidanan I, dipilih dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh dari bagian akademik untuk indeks prestasi mahasiswa, sedangkan untuk variabel self-efficacy, lingkungan belajar klinik dan kinerja mahasiswa praktek klinik kebidanan I dilakukan pengumpulan data dengan memberi kuesioner pertanyaan yang telah di uji validitas dan realibilitasnya. Analisis data diolah dengan uji regresi berganda.

Kesimpulan

  1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara self-efficacy dengan kinerja mahasiswa praktek klinik kebidanan I di Akbid Mitra Husada Karanganyar.
  2. Ada hubungan yang postif dan signifikan antara prestasi belajar dengan kinerja mahasiswa praktek klinik kebidanan I di Akbid Mitra Husada Karanganyar.
  3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar klinik dengan kinerja mahasiswa praktek klinik kebidanan I di Akbid Mitra Husada Karanganyar.
  4. Ada hubungan bersama-sama yang positif dan signifikan antara variabel bebas (self-efficacy, prestasi belajar dan lingkungan belajar klinik) dengan variabel terikat (kinerja mahasiswa praktek klinik kebidanan I ).