Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kinerja Pegawai di Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat

Judul Skripsi : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai di Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Sragen

 

A. Latar Belakang

Kinerja pegawai sebagaimana varabel-variabel sosial atau keperilakuan lainnya, pada umumnya merupakan variabel yang relatif kompleks dan multidimensi; tidak hanya ditentukan oleh satu atau dua faktor saja tetapi ditentukan oleh banyak faktor yang kadang-kadang sangat rumit. Beberapa penelitian empiris yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa, kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, artinya jika kepemimpinan transformasional semakin baik maka kinerja pegawai juga cenderung akan semakin baik (Choi, 2006; Griffith, 2004; Yousef, 2000; Pillai dan Williams, 2003). Di samping kepemimpinan transformasional, berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Griffith (2004), Mashavi (2002) dan Yousef (1998), kinerja pegawai juga dipengaruhi oleh kepuasan kerjanya.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Chen et al. (2006), menunjukkan komunikasi organisasi dan komitmen organisasional terbukti secara empiris mempengaruhi kinerja pegawai. Dengan mengacu pada hasil-hasil penelitian tersebut, faktor-faktor penentu kinerja pegawai adalah kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, komunikasi organisasi dan komitmen organisasional. Sebagaimana telah disampaikan, bahwa sumber daya manusia yaitu pegawai memiliki peran yang penting dan strategis untuk mencapai tujuaninstitusi. Baik-buruknya kinerja organisasi secara langsung ditentukan oleh kinerja pegawainya. Hal inilah yang memotivasi dilakukannya penelitian ini, yakni penelitian mengenai faktor-faktor penentu kinerja pegawai di Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sragen.

 

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah disampaikan, maka masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut;

  1. Apakah kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sragen?
  2. Apakah komunikasi organisasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sragen?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sragen.
  2. Mengetahui pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sragen.
  3. Mengetahui pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja pegawai Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sragen.

 

D. Kesimpulan

Kesimpulan pada penelitian ini disajikan sebagai berikut :

  1. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Artinya apabila kepemimpinan transformasional naik maka kinerja pegawai akan naik dan sebaliknya apabila kepemimpinan transformasional turun maka kinerja pegawai juga akan turun.
  2. Komunikasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Artinya apabila komunikasi organisasi naik maka kinerja pegawai akan naik dan sebaliknya apabila komunikasi organisasi turun maka kinerja pegawai juga akan turun.

 

E. Saran

Sesuai dengan kesimpulan diatas, maka upaya yang harus dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Sragen dan Pemerintah Kabupaten Sragen untuk meningkatkan kinerja pegawai dapat dilakukan dengan cara :

  1. Dapat mempengaruhi dan memfasilitasi pekerjaan organisasi dan dapat dipastikan bahwa semuanya dipersiapkan untuk memenuhi tantangan masa depan.
  2. Dapat mendukung peningkatan produktivitas kantor, menurunkan tingkat absensi pegawai, meningkatkan tingkat inovasi pegawai, menurunkan potensi terjadinya unjukrasa pegawai, peningkatan kualitas produk dan jasa layanan

Incoming search terms: