Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kemandirian Belajar dan Bimbingan Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Judul Skripsi : Kemandirian Belajar dan Bimbingan Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

 

A. Latar Belakang Masalah

Dari studi awal di lapangan didapatkan suatu pengalaman menarik, hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa Program Diploma III Kebidanan, yaitu ada sebagian mahasiswa yang tidak mempunyai catatan kuliah sendiri karena mahasiswa tersebut cukup puas dengan belajar dari fotokopi catatan temannya, ada sebagian mahasiswa tidak mempersiapkan diri terhadap materi kuliah yang akan diajarkan dosen sehingga terkesan sangat asing karena mahasiswa belum pernah mempelajari sebelumnya, ada sebagian mahasiswa yang tidak mengulang kembali materi kuliah yang telah diberikan dosen sesegera mungkin dengan alasan masih banyak kesempatan di waktu lain untuk mengulang materi tersebut, ada sebagian mahasiswa yang belajar bila menjelang ujian semesteran atau bila ada tugas dari dosen yang memerlukan pemahaman.

Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti kurang lebih 1,5 tahun juga didapatkan data bahwa motivasi dan kemandirian belajar pada mahasiswa dalam mendapatkan ilmu melalui proses belajar dan mengajar masih kurang, hal ini dibuktikan dengan ketika proses belajar mengajar ada mahasiswa yang kurang responsive dan bersikap cuek, ketika diberikan tugas, mereka selalu memberikan alasan sudah terlalu banyak tugas yang diberikan, ketika diberikan kisi-kisi ujian, mahasiswa bukannya termotivasi untuk belajar melainkan digunakan untuk bahan membuat contekan, ketika praktek skills lab mahasiswa kurang antusias untuk berusaha mencoba, ketika diberikan waktu untuk mandiri hanya beberapa mahasiswa yang menggunakan kesempatan tersebut akibatnya mereka mendapatkan nilai ujian yang kurang bagus dan banyak yang mengikuti ujian remedial skills lab.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka perumusan masalah yang diambil oleh penulis adalah : “Apakah ada hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik dengan prestasi belajar mahasiswa di STIKES A.Yani Yogyakarta ?”

 

C. Tujuan

Tujuan Umum

Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa di STIKES A.Yani Yogyakarta.

Tujuan Khusus

  1. Untuk mengetahui tingkat motivasi mahasiswa dalam menjalankan proses pembelajaran
  2. Untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar mahasiswa dalam menjalankan proses pembelajaran
  3. Untuk mengetahui bimbingan akademik yang efektif bagi mahasiswa
  4. Untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa di STIKES A.Yani Yogyakarta.

 

D. Kesimpulan

  1. Hasil korelasi Product Moment hubugan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar 0,304 dengan taraf signifikansi 0,05 (5 %). Koefisien korelasi yang bertanda positif menggambarkan arah hubungan positif, sedangkan keeratan hubungan antara antara motivasi belajar dengan prestasi belajar termasuk dalam kategori rendah yaitu r = 0,304 (r terletak antara 0,200–0,399)
  2. Hasil korelasi Product Moment hubugan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar 0,335 dengan taraf signifikansi 0,05 (5 %). Koefisien korelasi yang bertanda positif menggambarkan arah hubungan positif, sedangkan keeratan hubungan antara antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar termasuk dalam kategori rendah yaitu r = 0,335 (r terletak antara 0,200–0,399).