Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kemampuan Servis Atas dalam Permainan Bola Voli

Judul Skripsi : Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Panjang Lengan dengan Kemampuan Servis Atas dalam Permainan Bola Voli Siswa Putra Kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009

A. Latar Belakang Masalah

Berdasarkan pengamatan di lapangan siswa putra SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang yang gemar mengikuti bola voli di sekolah, rata-rata memiliki postur tubuh yang lumayan tinggi, namun hingga saat ini belum mempunyai prestasi yang berarti, sehingga memunculkan ide bagi penulis sebagai bahan penelitian. Sejauh mana kemampuan siswa putra SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang dalam melakukan servis atas bola voli dengan postur tubuh yang memadai. Perlu juga diupayakan langkah-langkah nyata mulai dari perbaikan metode latihan, peningkatan sarana prasarana, penggunaan peralatan yang baik dan standar, perhatian masalah gizi, tes dan pengukuran dalam olahraga sampai pada perhatian terhadap tim dokter dan psikolog yang diperlukan.

Menurut Harsono (1988:176) kekuatan otot lengan atau strength adalah kemampuan otot untuk membangkitkan tegangan terhadap suatu tahanan. Panjang lengan merupakan bagian tubuh sepanjang lengan atas, lengan bawah, telapak tangan dan berakhir pada ujung jari tengah. Menurut Beutelstahl (2005:8) servis adalah sentuhan pertama dengan bola. Dalam penelitian ini faktor kondisi fisik yang akan dikaji adalah kekuatan otot lengan dan panjang lengan. Sebab kekuatan otot lengan dan panjang lengan seorang pemin bola voli dapat melakukan servis dengan baik. Namun tingkat kondisi fisik dan anatomis seseorang berbeda-beda. Sedangkan untuk memperoleh bibit pemain bola voli yang baik perlu diketahui seberapa besar hubungan faktor-faktor tersebut di atas ikut berpengaruh terhadap hasil permainan bola voli khususnya dalam pelaksanaan servis atas.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan servis atas dalam permainan bola voli pada siswa putra kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009?
  2. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dan panjang lengan dengan kemampuan servis atas dalam permainan bola voli pada siswa putra kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Hubungan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan servis atas dalam permainan bola voli siswa putra kelas IX SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009.
  2. Hubungan antara panjang lengan dengan kemampuan servis atas dalam permainan bola voli siswa putra kelas IX SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009.
  3. Hubungan antara kekuatan otot lengan dan panjang lengan dengan kemampuan servis atas dalam permainan bola voli siswa putra kelas IX SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2008/2009.

 

D. Kesimpulan Skripsi

1. Kekuatan Otot Lengan berhubungan dengan Kemampuan Servis Atas

Koefisien regresi variabel kekuatan otot lengan dengan kemampuan servis atas adalah sebesar 0,250, maka angka tersebut dapat mencerminkan bahwa setiap kekuatan otot lengan ditingkatkan sebanyak satu satuan, maka berhubungan dengan peningkatan kemampuan servis atas sebesar 0,250 satuan dengan konstanta tetap.

2. Kekuatan Otot Lengan dan Panjang Lengan berhubungan Secara Bersama-Sama Dengan Kemampuan Servis Atas

Hipotesis yang mengatakan bahwa terdapat hubungan positif kekuatan otot lengan dan panjang lengan secara bersama dengan kemampuan servis atas, teruji kebenarannya.