Kemampuan Menyusun Paragraf dan Motivasi Berprestasi

Judul Skripsi : Hubungan Antara Kemampuan Menyusun Paragraf dan Motivasi Berprestasi dengan Keterampilan Menulis Laporan

 

A. Latar Belakang Masalah

Aspek lain yang ada hubungannya dengan keterampilan menulis laporan adalah adanya motivasi berprestasi yang kuat pada diri penulis. Seorang penulis yang memiliki semangat, dorongan untuk berhasil dalam segala sesuatu termasuk dalam menulis laporan. Seseorang yang memiliki motivasi berprestasi kuat ditandai dengan adanya

(1) usaha yang konsisten

(2) kecenderungan untuk terus bekerja meskipun tidak diawasi

(3) kesediaan mempertahankan kegiatann secara sukarela ke arah penyelesaian tugas.

Oleh sebab itu, siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi akan

(1) memperlihatkan minat, perhatian, dan ingin ikut serta

(2) bekerja keras serta memberikan waktu pada usaha tersebut

(3) terus bekerja sampai tugas terselesaikan

Dari ungkapan di atas dapat dikatakan bahwa seseorang/siswa yang memiliki motivasi berprestasi berupaya keras untuk mengerjakan tugas secara tuntas, tanpa harus diawasi sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang tinggi. Bila hal ini dikaitkan dengan menulis laporan, tentunya laporan yang dibuat akan terwujud hasilnya dengan baik. Perkiraan-perkiraan jawaban di atas, secara empiris belum teruji kebenarannya. Oleh karena itu, untuk menguji ada tidaknya hubungan antara kemampuan menyusun paragraf dan motivasi berprestasi dengan keterampilan menulis laporan , peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah sebagaimana yang telah diuraikan di muka, masalah penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:

  1. Apakah ada hubungan antara kemampuan menyusun paragraf dan keterampilan menulis laporan?
  2. Apakah ada hubungan antara motivasi berprestasi dan keterampilan menulis laporan?
  3. Apakah ada hubungan antara kemampuan menyusun paragraf dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan keterampilan menulis laporan?

 

C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya:

  1. hubungan antara kemampuan menyusun paragraf dan keterampilan menulis laporan;
  2. hubungan antara motivasi berprestasi dan keterampilan menulis laporan;
  3. hubungan antara kemampuan menyusun paragraf dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan keterampilan menulis laporan.

 

D. Simpulan Skripsi

Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dikemukakan di muka, maka dapat ditarik tiga simpulan hasil penelitian berikut.

  1. Hasil analisis korelasi product-moment menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan “ada hubungan positif antara kemampuan menyusun paragraf dan keterampilan menulis laporan” telah teruji kebenarannya.
  2. Hasil analisis korelasi product-moment menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan “ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dan keterampilan menulis laporan” telah teruji kebenarannya. Kedua variabel berjalan seiring (memiliki hubungan positif),
  3. Hasil analisis korelasi ganda menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan “ada hubungan positif antara kemampuan menyusun paragraf dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan keterampilan menulis laporan” telah teruji kebenarannya.