Kemampuan Menyimak dgn Keterampilan Menulis Siswa

Judul Skripsi : Kemampuan Menyimak dengan Keterampilan Menulis pada Siswa

A. Latar Belakang Masalah

Berdasarkan paparan di atas dapat diidentifikasikan masalah-masalah sebagai berikut: Kurangnya motivasi belajar dan kemampuan menyimak siswa mempunyai faktor yang tinggi dalam penguasaan keterampilan menulis siswa antara lain:

(1) kurangnya kemampuan menyimak akan mempengaruhi kemampuan keterampilan menulis siswa

(2) kurangnya motivasi dari orang tua untuk mendorong siswa belajar menulis

(3) kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, baik di rumah maupun di sekolah

(4) tidak tepatnya metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran.

Kurangnya kemampuan siswa untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Berhubung banyaknya masalah yang timbul dalam proses pembelajaran tentang menulis yang berkaitan dengan motivasi belajar dan kemampuan menyimak, perlu adanya pembatasan masalah sebagai berikut : Motivasi belajar dalam kaitannya dengan keterampilan menulis, kemampuan menyimak dalam kaitannya dengan keterampilan menulis, motivasi belajar dan kemampuan menyimak dalam kaitannya dengan keterampilan menulis.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dan keterampilan menulis?
  2. Apakah terdapat hubungan antara kemampuan menyimak dan keterampilan menulis?
  3. Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan menyimak secara bersama-sama dengan keterampilan menulis?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui informasi tentang motivasi belajar, kemampuan menyimak, dan keterampilan menulis.

Tujuan Khusus

Secara khusus penelitian ini bertujuan:

  1. Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motivasi belajar dengan keterampilan menulis.
  2. Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kemampuan menyimak dengan keterampilan menulis.
  3. Untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan menyimak dengan keterampilan menulis.

 

D. Simpulan

Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dikemukakan di muka, maka masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah apakah adA hubungan secara sendiri atau bersama-sama motivasi belajar dan kemampuan menyimak dengan keterampilan menulis pada siswa Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Girimarto. Maka dari itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut, diadakan penelitian ini di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Girimarto pada bulan Nopember 2008 sampai dengan April 2009. Penelitian ini dilakukan terhadap 80 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri di wilayah tersebut. Data penelitian ini berupa skor variabel motivasi belajar, kemampuan menyimak, dan keterampilan menulis, data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik regresi dan korelasi, sebagai berikut:

Pertama, dari hasil analisis data ada hubungan positif antara motivasi belajar dan keterampilan menulis. Keduanya berjalan seiring artinya makin tinggi motivasi belajar siswa , maka makin baik pula keterampilan menulisnya.

Kedua, dari hasil analisis data diketahui ada bahwa hipotesis yang menyatakan “ada hubungan positif antara kemampuan menyimak dan keterampilan menulis” pada siswa Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Girimarto telah teruji kebenarannya. Keduanya berjalan seiring artinya makin baik kemampuan menyimak siswa , maka makin baik pula keterampilan menulisnya.

Ketiga, selain dari hasil analisis regresi dan korelasi sederhana, juga dilakukan analisis regresi dan korelasi ganda. Hasil analisis regresi dan korelasi ganda menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan “ada hubungan positif antara motivasi belajar dan kemampuan menyimak secara bersama-sama dengan keterampilan menulis” pada siswa Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Girimarto telah teruji kebenarannya.