Kemampuan Membaca Pemahaman dan Sikap Bahasa

Judul Skripsi : Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa dalam Kaitannya dengan Kemampuan Membaca Pemahaman dan Sikap Bahasa

 

A. Latar Belakang Masalah

Penguasaan bahasa yang optimal selain diperoleh melalui kegiatan membaca pemahaman, juga harus didasari oleh sikap positif terhadap bahasa yang dimiliki siswa. Sayangnya tidak semua siswa memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Sikap positif ini belum tentu dimiliki oleh semua siswa, mengingat latar belakang bahasa mereka berbeda, lingkungan mereka berbeda dan sebagainya. Kebiasaan perbedaan pemakaian bahasa Indonesia yang campur aduk dengan bahasa daerah dan bahasa gaul saat mereka berkomunikasi dengan sesamanya. Akibat banyak siswa yang menggunakan bahasa secara serampangan dalam tulisan siswa.

Berdasarkan uraian di atas, perlu kiranya diadakan penelitian yang berkaitan dengan keterampilan menulis ringkasan siswa dalam kaitannya dengan kemampuan membaca pemahaman dan sikap bahasa.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah terdapat hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dan keterampilan menulis ringkasan?
  2. Apakah terdapat hubungan antara sikap bahasa dan keterampilan menulis ringkasan?
  3. Apakah terdapat hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dan sikap bahasa secara bersama-sama dengan keterampilan menulis ringkasan?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dan sikap bahasa secara bersama-sama dengan menulis keterampilan menulis ringkasan.

Tujuan Khusus

Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya:

  1. hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dan keterampilan menulis ringkasan siswa.
  2. hubungan antara sikap bahasa dan keterampilan menulis ringkasan siswa.
  3. hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dan sikap bahasa secara bersama-sama dengan keterampilan menulis ringkasan siswa.

 

D. Simpulan

kemampuan membaca pemahaman dan sikap bahasa secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama memiliki hubungan positif dengan keterampilan menulis ringkasan siswa SD Negeri di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. Akan tetapi, jika dilihat besar nilai sumbangan variabel bebas (prediktor) kepada variabel terikat (respon), tampak bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa SD Negeri di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung memberikan sumbangan atau kontribusi yang sama dengan sikap bahasa yang mereka miliki.

 

E. Saran

Pertama, guru bahasa Indonesia di SD perlu memotivasi siswa agar mereka banyak berlatih membaca khususnya membaca pemahaman karena hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan membaca pemahaman banyak sumbangannya terhadap keterampilan menulis ringkasan siswa.

Kedua, Sikap bahasa juga memberikan sumbangan yang berarti terhadap keterampilan menulis ringkasan para siswa. Untuk itu, guru bahasa Indonesia harus berusaha mengembangkan sikap bahasa para siswa agar mereka mempunyai sikap yang positif terhadap bahasa Indonesia.

Ketiga, para guru bahasa Indonesia di SD khususnya, harus menyadari bahwa kemampuan membaca pemahaman dan sikap bahasa dengan keterampialan menulis ringkasan masih perlu ditingkatkan. Dengan demikian perlu direncanakan secara baik bagaimana upaya meningkatkan ketiga variabel tersebut. Khususnya di dalam peningkatan keterampilan menulis ringkasan, guru harus memberi bimbingan yang teratur kepada siswa yang dirasa kurang mampu dalam mengapresiasi.