Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kemampuan Dosen dlm Mengajar dgn Prestasi Belajar Mahasiswa

Judul Skripsi : Hubungan Minat Belajar dan Persepsi tentang Kemampuan Dosen dalam Mengajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Diploma III Kebidanan di Universitas Respati Yogyakarta

A. Latar Belakang Masalah

Dosen mempunyai peranan penting sebagai tenaga pendidik profesional dalam proses pembelajaran. Dosen bertugas membelajarkan mahasiswa agar mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Disisi lain mahasiswa dalam mencapai tujuan pendidikan, dipengaruhi oleh banyak hal, yaitu mahasiswa harus berada dalam kondisi yang memungkinkan mereka dapat belajar, dimana kondisi tersebut dapat menunjang mahasiswa dapat menerima ilmu dengan baik yang diberikan oleh dosen. Dalam hal ini jelas bahwa peranan dosen sangatlah penting dalam menciptakan kondisi yang kondusif untuk belajar tersebut.

Dari wawancara yang dilakukan peneliti, 4 dari 10 mahasiswa semester VI menyatakan bahwa terasa tidak berminat untuk mempelajari beberapa mata kuliah, dosen dalam mengajar kurang menarik dan nilai ujian mereka kurang memuaskan. Berdasarkan uraian di atas, peneliti merasa perlu mengetahui lebih lanjut Hubungan minat belajar dan persepsi tentang kemampuan dosen dalam mengajar dengan prestasi belajar Mahasiswa Program Studi Diploma III Kebidanan di Universitas Respati Yogyakarta. (Mutiara, 2011)

 

B. Rumusan Masalah

Adakah hubungan minat belajar dan persepsi tentang kemampuan dosen dalam mengajar dengan prestasi belajar Mahasiswa Program Studi Diploma III Kebidanan di Universitas Respati Yogyakarta?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan umum

Menganalisis hubungan minat belajar dan persepsi tentang kemampuan dosen dalam mengajar dengan prestasi belajar Mahasiswa Program Studi Diploma III Kebidanan di Universitas Respati Yogyakarta.

Tujuan khusus

  1. Mengetahui hubungan minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa
  2. Mengetahui hubungan persepsi tentang kemampuan dosen dalam mengajar dengan prestasi belajar mahasiswa

 

D. Simpulan

1. Terdapat hubungan positif dan secara statistik signifikan minat belajar dengan prestasi belajar (b=0,03; p=0,026). Sedangkan secara substantif tidak signifikan minat belajar dengan prestasi belajar dikarenakan perbedaannya sangat kecil. Semakin tinggi minat belajar mahasiswa, maka semakin tinggi prestasi belajarnya.

2. Terdapat hubungan positif dan secara statistik signifikan persepsi tentang kemampuan dosen dalam mengajar dengan prestasi belajar (b=0,02; p=0,022). Sedangkan secara substantif tidak signifikan persepsi tentang kemampuan dosen dalam mengajar dengan prestasi belajar dikarenakan perbedaannya sangat kecil. Semakin baik persepsi mahasiswa tentang kemampuan dosen dalam mengajar, maka semakin tinggi prestasi belajarnya.