Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kemampuan Dosen dalam Mengajar dgn Motivasi Belajar Mahasiswa

Judul Skripsi : Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Kepribadian dan Kemampuan Dosen dalam Mengajar dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong

A. Latar Belakang Masalah

Akademi kebidanan Kutai Husada Tenggarong, sebagai akademi yang masih baru memiliki dosen tetap sebanyak 18 orang dan dosen tidak tetap sebanyak 30 orang yang bervariasi dalam hal kemampuannya. Beberapa dosen sudah termasuk senior yang memiliki pengalaman mengajar yang banyak, sementara beberapa diantaranya termasuk dosen baru, yang memiliki pengalaman mengajar yang masih kurang. Bervariasinya pengalaman mengajar dosen, tentu akan berpengaruh terhadap kemampuan belajar masing-masing dosen, dan akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar , termasuk motivasi belajar mahasiswa.

Apabila keadaan tersebut diatas diabaikan, maka sangat mungkin proses belajar mengajar di Akademi Kebidanan Kutai Husada tidak akan berjalan dengan baik. Tujuan pendidikan di Akademi Kebidanan ini sulit untuk dicapai. Untuk itu, dipandang perlu melakukan penelitian hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dan kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dosen dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong?
  2. Apakah ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong?
  3. Apakah ada hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dan kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum:

Untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dan kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong

Tujuan Khusus

  1. Untuk mengetahui hubungan perspsi mahasiswa tentang kepribadian dosen dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong.
  2. Untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang kemampuan mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong.
  3. Untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang kepribadian dan kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Kutai Husada Tenggarong.

 

D. Kesimpulan

1. Terdapat hubungan yang positif (r = 0,275) dan bermakna dengan (p=0,004) antara persepsi mahasiswa tentang kepribadian dosen dengan motivasi belajar mahasiswa.

2. Terdapat hubungan yang positif (r = 0,369) dan bermakna dengan (p=0,000) antara persepsi mahasiswa tentang kemampuan dosen mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa.

3. Terdapat hubungan yang positif (R square 0,143) dan bermakna dengan (p=0,000) antara persepsi mahasiswa tentang kepribadian dan kemampuan dosen dalam mengajar dengan motivasi belajar mahasiswa

 

E. Saran-saran

1. Meningkatkan standar pendidikan dosen sesuai peraturan perundangundangan yang berlaku yaitu minimal strata II diutamakan pendidikan in line, dan mencari dosen tidak tetap yang memiliki kualifikasi yang

2. Peningkatan kemampuan mengajar dosen melalui pendidikan Akta Mengajar, pelatihan pekerti dan Applied Approach (AA), agar kemampuan mengajar dosen meningkat dan mempersyaratkan pada dosen tidak tetap untuk memiliki sertifikat Pekerti dan AA tersebut.

3. Perlu pembinaan yang terus menerus terhadap kepribadian dosen agar terbentuk pribadi yang berperilaku luhur, semangat dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat misalnya melalui pelatihan Emotional Spritual Quesion (ESQ).