Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Kedisiplinan Belajar dgn Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan

Judul Skripsi : Hubungan Antara Lingkungan Belajar dan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar

 

A. Latar Belakang Masalah

Untuk prestasi mahasiswa Akbid Mitra Husada melalui study dokumentasi dapat dilihat bahwa sebagian besar mahasiswa mempunyai prestasi belajar yang cukup, Pencapaian prestasi belajar pada sebagian mahasiswa yang masih dalam kategori cukup ini kemungkinan dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan kedisiplinan belajar yang kurang. Prestasi belajar akan meningkat apabila kedisiplinan belajar mahasiswa meningkat serta lingkungan belajar yang mendukung, Sebab dengan lingkungan belajar yang mendukung maka akan meningkatkan kedisiplinan belajar mahasiswa yang akan membuat mahasiswa belajar sesuai dengan rencana belajar dan akan mentaati semua peraturan sekolah. Dengan kedisiplinan belajar maka akan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti Hubungan Antara Lingkungan Belajar dan Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar.

 

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :

  • Apakah ada hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa?
  • Apakah ada hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa?
  • Apakah ada hubungan antara lingkungan belajar dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar?

 

C. Tujuan Penelitian Skripsi

Tujuan Umum

Menganalisis hubungan lingkungan belajar dan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar.

Tujuan Khusus

  1. Menganalisis hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa.
  2. Menganalisis hubungan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa.
  3. Menganalisis hubungan lingkungan belajar dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mahasiswa Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar.

 

D. Simpulan

1. Ada hubungan positif yang signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Akbid Mitra Husada Karanganyar. Adanya lingkungan belajar yang mendukung proses belajar mahasiswa akan berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa.

2. Ada hubungan positif yang signifikan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Akbid Mitra Husada Karanganyar. Kedisiplinan belajar yang baik maka akan dapat meningkatkan prestasi belajar. Sebab dalam kedisiplinan yang dilakukan mahasiswa didalamnya terdapat dasar motivasi yang kuat.

3. Ada hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan kedisiplinan belajar secara bersama – sama dengan prestasi belajar mahasiswa Akbid Mitra Husada Karanganyar. Lingkungan belajar yang mendukung serta melalui kedisiplinan belajar yang tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar.

 

E. Saran

1. Bagi institusi pendidikan

Mampu mewujudkan lingkungan belajar yang baik, dengan cara menjalin kerjasama dengan orangtua, masyarakat sekitar kampus dan meningkatkan sarana-prasarana kampus. Untuk kedisiplinan institusi diharapkan para dosen juga dapat memerikan contoh yang baik dalam kedisiplinan baik dalam mengajar ataupun dalam tatatertib.

2. Bagi mahasiswa

Diharapkan mampu menjalin hubungan yang baik dengan orangtua sehingga akan terwujud hubungan yang harmonis dalam keluarga, lebih teliti dalam memilih teman dan lingkungan kost yang lebih mendukung proses belajar, dan memanfaatkan sarana-prasarana yang disediakan kampus secara optimal sehingga akan menimbulkan motivasi yang kuat